PERBANDINGAN JUMLAH PASIEN YANG MENGALAMI GAG REFLEX DAN TIDAK MENGALAMI GAG REFLEX DALAM PENGAMBILAN FOTO PERIAPIKAL DI INSTALASI RADIOLOGI RSGM BAITURRAHMAH

Rahma Erin, Widyawati Widyawati, Resti Iswani

Abstract


Pada teknik pengambilan radiografi periapikal film diletakkan di dalam mulut pasien dalam hal ini akan timbul beberapa masalah dalam pengambilannya, salah satu masalah yang terjadi dalam pengambilan foto tersebut adalah gag reflex atau refleks muntah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan jumlah pasien yang mengalami gag reflex dan tidak mengalami gag reflex dalam pengambilan foto periapikal di Instalansi Radiologi RSGM Baiturrahmah pada tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif, populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang ke Instalasi Radiologi RSGM Baiturrahmah yang diambil sebanyak 30 pasien sebagai sampel dengan metode total sampling, waktu penelitian pada 20-23 Mei 2017 dan analisis secara deskriptif ditampilkan dengan tabel distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian dari 30 pasien sebanyak 7 orang (23.3%) mengalami gag reflex dimana sebanyak 6 orang (85.7%) mengalami gag reflex yang disebabkan oleh somatik dan 1 orang (14.3%) mengalami gag reflex yang disebabkan oleh psikogenik, dari 7 pasien yang mengalami gag reflex sebanyak 5 orang (71.4%) adalah laki-laki dan 2 orang (28.6%) adalah perempuan dimana sebanyak 3 orang (42.9%) berumur dengan kategori kanak-kanak dan 4 orang (57.1%) berumur dengan kategori remaja akhir dalam pengambilan foto periapikal di Instalasi Radiologi RSGM Baiturrahmah.

Keywords


Teknik Radiorafi Periapikal; Gag Reflex.

Full Text:

PDF

References


Dewi, A. A. S. A. 2014. Perbedaan Akurasi Hasil Radiografi Dengan Teknik Oklusal dan Teknik Bitewing Untuk Mendeteksi Karies Proksimal Buatan. Skripsi. Denpasar: Universitas Saraswati Denpasar.

Langlais, R., P., Kasle, M., J. 2012. Foto Rongga Mulut. Ed. 3. Jakarta : Hipokrates.

Silva, M. H. C., Coelho, M. S., Santos, M. F. L., Lima, C. O., Campos, C. N. 2016. The Use of an Alternative Extraoral Periapical Technique for Patients with Severe Gag Reflex. Case Reports in Dentistry. Vol. 2016. No. 05.

Suyatno, F. 2008. Aplikasi Radiasi Sinar-X di Bidang Kedokteran Untuk Menunjang Kesehatan Masyarakat. Seminar Nasional IV SDM Teknologi Nuklir. Yogyakarka: Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir.

Whaites, E., Drage, N. 2013. Essentials of Dental Radiography and Radiology. 5rd edn. China: Elsevier.

Woroprobosari, N., R. 2016. Efek Stokastik Radiasi Sinar-X Dental Pada Ibu Hamil dan Janin. ODONTO Dental Journal. Vol. 3. No.




DOI: https://doi.org/10.33854/JBDjbd.92

DOI (PDF): https://doi.org/10.33854/jbd.v4i1.92.g65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah