PENGARUH LARUTAN KOPI BUBUK ROBUSTA TERHADAP STABILITAS WARNA PADA RESIN AKRILIK POLIMERISASI PANAS

Nila Kasuma, Yunike Genisya Putri, Indrawati Lipoeto

Abstract


Resin akrilik polimerisasi panas merupakan salah satu bahan kedokteran gigi yang banyak digunakan untuk pembuatan basis gigi tiruan. Stabilitas warna merupakan karakteristik yang sangat penting pada resin akrilik karena sangat dititik beratkan dalam mencapai nilai estetik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh larutan kopi terhadap stabilitas warna resin akrilik polimerisasi panas yang direndam selama 1, 3, 5 dan 7 hari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboratoris dengan desain post test only controlled group design. Sampel yang digunakan berjumlah 25 sampel dengan ukuran 20 x 10 x 2 mm yang dibagi menjadi 4 kelompok yang direndam larutan kopi, yaitu masing-masing 6 sampel yang direndam selama 1, 3, 5 dan 7 hari. 1 buah sampel dijadikan kelompok kontrol yang direndam selama 1 hari dalam larutan aquabides. Setelah dilakukan perendaman, sampel diuji stabilitas warnanya dengan menggunakan alat uji stabilitas warna yaitu dengan menggunakan alat Spectrophotometer UV-Visible. Nilai rata-rata absorbansi pada kelompok A (1 hari) adalah 0,38. Pada perendaman selama 3 hari (kelompok B) adalah 0,39, perendaman selama 5 hari (kelompok C) adalah 0,45 dan perendaman selama 7 hari (kelompok D) adalah 0,64. Uji statistik One Way ANOVA menunjukkan perbedaan bermakna antar semua kelompok perlakuan dengan p=0,000. Kopi dapat mempengaruhi stabilitas warna resin akrilik polimerisasi panas. Namun, pada perendaman selama 1 dan 3 hari tidak memperlihatkan perubahan warna secara visual, sehingga tetap estetis dan masih dapat digunakan. Pada perendaman selama 5 dan 7 hari terlihat adanya perubahan warna secara visual.

Keywords


Resin Akrilik; Polimerisasi Panas; Kopi; Stabilitas Warna

Full Text:

PDF

References


Craig RG, Powers JM dan Wataha JC. Dental Material : Properties and Manipulation. (7thed). India : Mosby, 2000: 264.

David, dan E. Munadziroh. 2005. Perubahan warna lempeng resin akrilik yang direndam dalam larutan disinfektansodium hipoklorit dan klorhexidin. Maj Ked gigi, 38 (1):36-40.

Celik, C.B. Yuzugullu, S. Erkut, dan Yamanel K. 2008. Effect of mouth rinses on colour stability of resin composites, Eur J Dent, 2008; 2:247-53.

Wandania F. 2009. Perbedaan Diskolorisasi Restorasi Resin Komposit yang dipolis dan tidak dipolis pada perendaman larutan kopi hitam dan kopi krimmer. Departemen Ilmu Konservasi gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara.

Ridwansyah. 2003. Proses pengolahan kopi. Digital library Universitas Sumatra Utara.

Aprilia, Linda R, dan Rahardianto, E 2007. Pengaruh minuman kopi terhadap perubahan warna ada resin komposit. Indonesia Journal Of Dentistry 14 (3):164-170.




DOI: https://doi.org/10.33854/JBDjbd.11

DOI (PDF): https://doi.org/10.33854/jbd.v2i1.11.g301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah



Creative Commons License
B-Dent: Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah distributed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.