Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital

Lydia Susanti, Dian Ayu Hamama Pitra

Abstract


Latar belakang: Revolusi digital memiliki pengaruh penting di bidang pendidikan seperti pada bidang lainnya. Pengaruh ini juga menyebabkan perubahan radikal di bidang pendidikan, seperti dalam hal pendekatan pengajaran dan pembelajaran. Flipped classroom merupakan suatu strategi pembelajaran yang tergolong baru. Strategi pembelajaran ini semakin berkembang dengan kemajuan teknologi, seperti akses internet serta software yang pendukung lainnya. Pada pembelajaran tradisional pendidik menyampaikan materi, lalu untuk menambah pemahaman materi tersebut maka siswa akan mengerjakan tugas di sekolah dan diberikan pekerjaan rumah.  Pada flipped classroom, peserta didik berpartisipasi dalam mempersiapkan pembelajaran melalui tontonan video, memahami powerpoint dan mengakses sumber belajar yang disediakan oleh pendidik baik melalui media online seperti e-learning. Beberapa penelitian membuktikan bahwa penerapan Flipped classroom dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan: Tujuan: Untuk meninjau secara singkat semua informasi terkini tentang flipped classroom di era digital. Kesimpulan: Revolusi digital memiliki pengaruh penting di bidang pendidikan seperti di banyak bidang lainnya. Pengaruh ini juga menyebabkan perubahan radikal di bidang pendidikan, seperti dalam hal pendekatan pengajaran dan pembelajaran, sehingga pendidik perlu menciptakan  bentuk pembelajaran aktif yang sesuai dengan karakteristik peserta didik zaman ini.


Keywords


Metode Pembelajaran - Era Digital – Flipped Classroom

Full Text:

PDF

References


Cevikbas M & Argun Z. An Innovative Learning Model in Digital Age : Flipped Classroom. Journal education and Training Studies. 5(11):189-200

Educause. Things You Should Know About Flipped Classrooms.2012. Retrieved from http://net.educause.edu/ir/library/pdf/ ELI7081.pdf, diunggah pada tanggal 1 Mei 2019.

Samaraseka DD, Gwee MCE, Long A, Lock B. Lectures and Large Group. In: Swanwick T, Forrest K, O’Brien BC. Understanding Medical Education: Evidence, Theory, and Practice Third Edition. Wiley Blackwell. 2019 ; 113-121

Chen Hsieh, J. S., Huang, Y.-M., & Wu, W.-C. V. (2017). Technological acceptance of LINE in flipped EFL oral training. Comput Hum Behav. 2017; 70 :178–190. doi.org/10.1016/j.chb.2016.12.066

Sohrabi B & Iraj H. Implementing flipped classroom using digital media: A comparison of two demographically different groups perceptions. Comput Hum Behav. 2016; 60: 514–524. doi.org/10.1016/j.chb.2016.02.056

Van Vliet, EA, Winnips, JC & Brouwer N. Flipped-class pedagogy enhances student metacognition and collaborative-learning strategies in higher education but effect does not persist. CBE Life Sci Educ. 2015. 14(3):1-10. doi: 10.1187/cbe.14-09-0141

Tucker B. The flipped classroom. EdNext. 2012 ;12(1) :82-3

Eppard J & Rochdi A. A Framework for Flipped Learning. 13th International Conference Mobile Learning 2017

Davies RS, Dean DL & Ball N. Flipping the classroom and instructional technology integration in a college-level information systems spreadsheet course. Educ Technol Res Dev. 2013. 61(4) ; 563-580. https://doi.org/10.1007/s11423-013-9305-6

Schmidt & Stacy MP. The Flipped Classroom: A Twist on Teaching. Contemp Issues Educ Res. 2016. 9(1);1-10

Albers GW, et al. Antithrombotic Therapy in Atrial Fibrillation. Chest. 2001;119:194S-206S.

Golomb MR. Strokes in Neonates and Children: Overview. In: Biller J, 2nd ed. Stroke in Children and Young Adults. 2009. Philadelphia: Saunders Elsevier

Uduma UF, Mbiydzela, Ernest Ngu, Mathieu M, Wali M. Childhood Ischemic Stroke: a Report of Two Cases. Global Journal of Health Sciences 2011;3:2:200-205




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242

DOI (PDF): https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242.g192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.