Pengaruh Gangguan Pendengaran Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Angkatan 2022

Ratih Nurfatihasari Abwah, Marlyanti Nur Rahmah, Ahmad Ardhani Pratama, Andi Tenri Sanna Arifuddin, Windy Nurul Aisyah

Abstract


Latar Belakang: Gangguan pendengaran merupakan masalah kesehatan global yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Mahasiswa kedokteran sebagai kelompok dengan beban akademik tinggi rentan mengalami gangguan konsentrasi apabila terdapat gangguan pada fungsi pendengaran. Tujuan: Mengetahui pengaruh gangguan pendengaran terhadap konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia angkatan 2022. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel sebanyak 96 mahasiswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Data diperoleh melalui pemeriksaan garpu tala (tes Rinne, Weber, Schwabach) dan kuesioner Student Learning Concentration Questionnaire (SLCQ-I). Data dianalisis dengan uji Chi Square (p < 0,05). Hasil: Sebagian besar mahasiswa dengan pendengaran normal memiliki konsentrasi tinggi (94,7%). Sementara itu, mahasiswa dengan gangguan pendengaran, baik konduktif maupun sensorineural, menunjukkan tingkat konsentrasi yang lebih rendah. Hasil uji Chi Square menunjukkan adanya hubungan signifikan antara gangguan pendengaran dan konsentrasi belajar (p = 0,001). Kesimpulan: Gangguan pendengaran berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar mahasiswa. Diperlukan perhatian dan intervensi pendidikan yang inklusif serta dukungan kesehatan untuk mengoptimalkan potensi akademik mahasiswa dengan gangguan pendengaran.


Keywords


Gangguan Pendengaran, Konsentrasi Belajar, Pendidikan Inklusif.

Full Text:

PDF

References


. Firdaus S, Pontoh VM, Pelealu OCP. Profil Gangguan Pendengaran Berdasarkan Pemeriksaan Audiometri di Instalasi Rawat Jalan Telinga Hidung Tenggorok dan Bedah Kepala Leher RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou. Med Scope J. 2024;7(1):127–32.

. Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2020 [Internet]. Indonesia; 2020. Available from: https://www.kemkes.go.id/id/profil-kesehatan-indonesia-2020

. Gultom S, Rambe AYM. Hubungan Riwayat Kelahiran Prematur dan BBLR dengan Gangguan Pendengaran pada Anak di RSUP Haji Adam Malik Periode 2016-2018. Scr SCORE Sci Med J [Internet]. 2021 Feb 12;2(2):84–9. Available from: https://talenta.usu.ac.id/scripta/article/view/3451

. Kurniawan DE, Setiowati A. Pengaruh Metode Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. J KONSELING GUSJIGANG [Internet]. 2022 Aug 13;8(1). Available from: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/8030

. Masniar, Pangaribuan F, Ritonga MU, Hadi W. Membangun Lingkungan Belajar Yang Ramah Bagi Anak Dengan Kendala Pendengaran. J Multidisiplin Ilmu Akad. 2025;2(2):141–50.

. Vita Sari, Yuliaty, Nurgahayu. Pengaruh Intensitas Kebisingan Terhadap Gangguan Pendengaran, Gangguan Psikologis dan Gangguan Komunikasi pada Pekerja di PT. Maruki International Indonesia Makassar Tahun 2020. Wind Public Heal J [Internet]. 2021 Dec 30;2(6):1012–22. Available from: https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/322

. Fitri NS, Syah NA, Asterina A. Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Daya Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. J Ilmu Kesehat Indones [Internet]. 2020 Nov 16;1(2):167–72. Available from: https://jikesi.fk.unand.ac.id/index.php/jikesi/article/view/98

. Sidharta I wayan R, Sri Darmayani IGA, Haryo Ganesha IG, Bayu Mayura IP. Tingkat Kepuasan dan Kepercayaan Diri Metode Probelm Based Learning (PBL) Pada Interprofessional Education (IPE). E-Jurnal Med Udayana [Internet]. 2023 Apr 26;12(4):13–20. Available from: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/96448

. Nafi’ah N, Isnani N, Wulandari D. Efektifitas Kombinasi Breathing Exercise dan Oxygen Water Tehadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa. FISIO MU Physiother Evidences [Internet]. 2023 Jun 7;4(2):170–5. Available from: https://journals.ums.ac.id/index.php/fisiomu/article/view/22150

. Liberty IA. Metode Penelitian Kesehatan. Pekalongan: Penerbit NEM; 2024. 27–35 p.

. Agnesia Y, Sari SW, Nu’man H, Ramadhani DW, Nopianto. Buku Ajar Metode Penelitian Kesehatan. Pekalongan: Penerbit NEM; 2023.

. Rukajat A. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Budi Utama; 2018.

. Ramadhany R. Buku Saku Digital: Pengunaan Aplikasi SPSS Ver. 29. Palangkaraya: FISIP IAN UPR; 2024.

. Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2018.

. Agustaputra MS, Kristanti AW, Sebong PH. Prevalensi Gangguan Dengar Akibat Bising Dan Safe Listening Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Katolik Soegijapranata. J Pranata Biomedika [Internet]. 2023 Apr 12;2(1):48–69. Available from: http://journal.unika.ac.id/index.php/JPB/article/view/10134

. Claudya VF, Saputra KAD, Sucipta IW, Ratnawati LM. Pengaruh Kebiasaan Penggunaan Alat Piranti Dengar Terhadap Gangguan Pendengaran Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Med Udayana [Internet]. 2022 Aug 31;11(8):70. Available from: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/69313

. Risa Hude Umar, Shulhana Mokhtar, Rasfayanah, A. Tenri Sanna Arifuddin, Pratama AA. Pengaruh Kebiasaan Penggunaan Headset terhadap Gangguan Telinga. Fakumi Med J J Mhs Kedokt [Internet]. 2024 Feb 13;3(10):781–7. Available from: https://fmj.fk.umi.ac.id/index.php/fmj/article/view/301

. Gue ROL, Amat ALS, Sasputra IN. Hubungan Insomnia Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Kupang. Cendana Med J [Internet]. 2021 Aug 5;9(1):77–84. Available from: http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/CMJ/article/view/4939

. Luh Egitha Widyarama Putri, Emmy Amalia, Joko Anggoro. Hubungan Antara Tingkat Stres, Kualitas Tidur dan Tekanan Darah Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Unram Med J [Internet]. 2023 Dec 31;12(4):351–7. Available from: https://jku.unram.ac.id/index.php/jk/article/view/901

. Oktaviana E, Syamdarniati. Hubungan Lama Menderita Hipertensi dengan Gangguan Pendengaran. INDOGENIUS [Internet]. 2022 Feb 7;1(1):18–22. Available from: https://genius.inspira.or.id/index.php/indogenius/article/view/56

. Joo HH, Huang EY, Schoo D, Ward B, Chen JX. Association Between Hearing Difficulty and Mobility in Adults of All Ages: National Health Interview Survey. Otolaryngol Neck Surg [Internet]. 2024 Apr 30;170(4):1059–65. Available from: https://aao-hnsfjournals.onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/ohn.593

. Chen L. Self‐Reported Hearing Difficulty Increases 3‐Year Risk of Incident Cognitive Impairment: The Role of Leisure Activities and Psychological Resilience. Int J Geriatr Psychiatry [Internet]. 2021 Aug 23;36(8):1197–203. Available from: https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/gps.5511

. Triola, S., Ashan, H., Hasni, D., Rafli, R., Pitra, D. A. H., & Anggraini, D. (2023). Sosialiasi Gangguan Pendengaran pada Pasien di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan (JURABDIKES), 1(1), 17-19.

. Stickel AM, Tarraf W, Bainbridge KE, Viviano RP, Daviglus M, Dhar S, et al. Hearing Sensitivity, Cardiovascular Risk, and Neurocognitive Function. JAMA Otolaryngol Neck Surg [Internet]. 2021 Apr 1;147(4):377. Available from: https://jamanetwork.com/journals/jamaotolaryngology/fullarticle/2774262

. McCreery RW, Walker EA. Variation in Auditory Experience Affects Language and Executive Function Skills in Children Who Are Hard of Hearing. Ear Hear [Internet]. 2022 Mar;43(2):347–60. Available from: https://journals.lww.com/10.1097/AUD.0000000000001098

. Ediyanto, Zulkipli, Sunandar A, Subanji, Wahat NWA, Iliško D. Mathematics Learning For Students with Special Needs. Pegem J Educ Instr [Internet]. 2023 Aug 1;13(4):93–9. Available from: https://www.pegegog.net/index.php/pegegog/article/view/2317/737




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v7i3.1856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.