Perbandingan Penggunaan Media Audiovisual dan Media Asli Hidup dalam Praktikum Fisiologi "Uji Keseimbangan Kursi Baranny" di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah
Abstract
Latar Belakang: Penelitian ini membandingkan media pembelajaran audiovisual dengan media asli hidup pada praktikum fisiologi "Uji Keseimbangan Kursi Baranny". Metode konvensional membuat mahasiswa cenderung pasif, sehingga inovasi media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan efektivitas belajar.Tujuan: Menentukan perbedaan hasil pembelajaran menggunakan media audiovisual dan kombinasi audiovisual+media asli hidup.Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimen Post-Test Only Group dengan total sampling mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah angkatan 2023 (193 orang). Data dianalisis menggunakan SPSS v.25 uji Chi- Square. Hasil: Rerata post-test menunjukkan bahwa kelompok audiovisual+media asli hidup memiliki tingkat kelulusan 79,2% dibanding kelompok audiovisual saja (62,3%). Perbedaan signifikan ditemukan dengan nilai sig 0,009 (p<0,05).Kesimpulan: Penggunaan media audiovisual+media asli hidup lebih efektif dibandingkan audiovisual saja dalam praktikum fisiologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. A. Pribadi B. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Prenada Media. 2021;(December 2021):266A. Pribadi, B. (2017). Media & Teknologi Dalam.
. Nurul Audie. Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Semin Nas Pendidik FKIP. 2019;2(1):586–95.
. Wibawanto H. Generasi Z dan Pembelajaran di Pendidikan Tinggi Disajikan. 2016;1–12.
. Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, Usep Setiawan. Konsep Dasar Media Pembelajaran. J Student Res. 2023;1(1):282–94.
. Yaumi M, Damopolii M. Model Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Al-Musannif. 2019;1(2).
. Munir NS, Gani HA, Mappalotteng AM. Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning, Gaya Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X di Smk Negeri 2 Pinrang. UNM J Technol Vocat. 2022;6(1):25.
. Lontoh F, Sihombing M. Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran terhadap Minat Belajar Mahasiswa. 2021;1–16.
. Nisa’i SH, Syofyan H, Hotimah U, Nurhayati
. R. Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPA di Kelas Rendah dan Tinggi. Pros Esa Unggul. 2022;(9):258–61.
. Dwijayani NM. Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. J Phys Conf Ser. 2019;1321(2):171–87.
. Miranto AN, Wardani KK. Perancangan Aplikasi Anatomi dan Fisiologi pada Sistem Kardiovaskular sebagai Pendukung Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran Umum. J Sains dan Seni ITS. 2019;8(1).
. Akbar J saddam, Ariani M, Zulhawati, Haryani, Zani BN, Husnita L, et al. Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. 2023. 166 p.
. Salsabila UH, Habiba IS, Amanah IL, Istiqomah NA, Difany S. Pemanfaatan Aplikasi Quiziz sebagai Media Pembelajaran ditengah Pandemi pada Siswa SMA. J Ilm Ilmu Terap Univ Jambi. 2020;4(2):163–72.
. Alfian AN, Putra MY, Arifin RW, Barokah A, Safei A, Julian N. Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. J Pengabdi Kpd Masy UBJ. 2022;5(1):75–84.
. Rusydiyah EF. Media Pembelajaran Problem Based Learning. Emergency Medicine Journal. 2020. 2–195 p.
. Pamungkas WAD, Koeswanti HD. Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. J Ilm Pendidik Profesi Guru. 2022;4(3):346–54.
. Yusnaldi E, Pramayshela A, Zahratunnisa E, Qadaria L. Pemanfaatan media audiovisual pada pembelajaran ips untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. J Pendidik Tambusai. 2023;7(3):29008–12.
. Bada, Olusegun S. The psychogenisis of Knowledge and its Epistemological Significance. J Res Method Educ [Internet]. 2015;5(6):23–34. Available from: www.iosrjournals.org
. Sari P. Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media. J Manaj Pendidik. 2019;1(1).
. Tafonao T. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. J Komun Pendidik. 2018;2(2):103.
. Abdullah, Oviana W, Husnil Khatimah. Penggunaan Alat Peraga Dari Bahan Bekas Dalam Menjelaskan Sistem Respirasi Manusia Di Man Sawang Kabupaten Aceh Selatan. J Ilm Pendidik Biol. 201
. Wijaya IKWB, Kirna IM, Suardana IN. Model demonstrasi interaktif berbantuan multimedia dan hasil belajar IPA aspek kimia siswa SMP I. Pendidik dan Pengajaran. 2012;45(1):88–98.
. Suryanida DP, Suryatiningsih. Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Epistema. 2022;3(2):2723–8199.
DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v7i3.1730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
