Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Lingkungan Pembelajaran dan Tingkat Stres

Resti Rahmadika Akbar

Abstract


Lingkungan  pembelajaran  merupakan  salah  satu  aspek  yang menentukan  kesuksesan  akademik mahasiswa. Lingkungan pembelajaran dapat menjadi salah satu penyebab stres mahasiswa. Begitu
juga  dengan  pendidikan  kedokteran  yang  merupakan  sumber  depresi  atau  stres  terbesar  bagi mahasiswa,  disamping  masalah  pribadi,  finansial,  atau  masalah  keluarga.  Tujuan  penelitian  ini untuk  menilai  hubungan  persepsi  mahasiswa  terhadap  lingkungan  pembelajaran  dengan  tingkat stres. Penelitian ini menggunakan kuesioner The Dundee Ready Education environment (DREEM) untuk menilai lingkungan pembelajaran dan   Depression Anxiety Stress Scale (DASS) 42 untuk
menilai tingkat stres, yang telah divalidasi. Desain penelitian yaitu potong lintang (cross sectional) dilaksanakan  di  Fakultas  Kedokteran Universitas  Baiturrahmah  pada  Oktober  2016.  Kuesioner diberikan  pada  75  mahasiswa  tahun  kedua.  Data  dianalisis  menggunakan  program  SPSS  20.0. Median  skor  DREEM  menunjukkan  lebih  banyak  positif  (137  (100-164).  Tingkat  stress mahasiswa berada pada tingkat normal. Distribusi data tidak normal, jadi untuk menilai hubungan persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran digunakan tes Spearman. Hubungan antara persepsi  mahasiswa  terhadap  lingkungan pembelajaran  dan  tingkat  stres    menunjukkan  korelasi negatif  dengan  kekuatan  lemah  (p=0,015,  r=-0,317).  Hasil  korelasi  menunjukkan  persepsi mahasiswa yang baik terhadap lingkungan pembelajaran menurunkan tingkat stres mahasiswa.

Keywords


lingkungan pembelajaran, tingkat stres, mahasiswa tingkat akademik, kuesioner DASS, kuesioner DREEM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Kedokteran Baiturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kedokteran Baiturrahmah (JKB)

Email : jkb@unbrah.ac.id