Kesesuaian Pemeriksaan Antigen Core Hcv Dengan Rt-Pcr Untuk Diagnosis Infeksi Virus Hepatitis C

Almurdi Almurdi

Abstract


Virus hepatitis C (VHC) merupakan masalah kesehatan di seluruh dunia dan menginfeksi sekitar 200 juta orang. Infeksi VHC menjadi kronis  sekitar 85% penderita. Hepatitis kronis dapat berkembang menjadi fibrosis dan sirosis hepatis yang pada akhirnya dapat menyebabkan karsinoma hepatoseluler. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dan validitas pemeriksaan antigen core VHC  untuk diagnosis infeksi virus hepatitis C. Jenis penelitian  adalah observasional dengan desain cross sectional.
Penelitian  dilakukan  di  Laboratorium  Patologi  Klinik  FK  Unand/RSUP  Dr.  M.  Djamil  Padang,  Unit Transfusi Darah (PMI) Sumatera Barat dan Laboratorium Biomedik FK Unand Padang dari bulan Juni 2015 samapai bulan Mei 2016.  Spesimen penelitian adalah darah dari donor dengan anti-VHC positif yang  diperiksa  dengan  metode  ELISA    yang  didapat  dari  semua  cabang  UTD  di  Sumatera  Barat  dan darah dari pasien yang diperiksa di Laboratorium Patologi Klinik FK Unand. Pemeriksaan antigen  core VHC  dilakukan  dengan  metode  ELISA  dan  pemeriksaan  RNA  VHC  dengan  metode  PCR  kualitatif. Kesesuaian kedua pemeriksaan dilakukan dengan uji Kappa.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa laki-laki (84%) terinfeksi virus hepatitis C dan perempuan (16 %) dengan rerata usia penderita adalah 39,7 tahun, penderita termuda berusia 23 tahun dan tertua 69 tahun.
Kadar  antigen  core  VHC  rata-rata  dari  pasien  adalah  569,01  pg/ml,50  spesimen  anti-VHC  positif  dan antigen core VHC positif didapatkan 36 spesimen (72,0%) positif pemeriksaan RNA VHC. Sensitivitas pemeriksaan antigen core VHC adalah 100,0% dan spesifisitas 78,1%.

Kesimpulan penelitian, sensitivitas pemeriksaan antigen core VHC adalah 100,0% dan spesifisitas 78,1%.
Kesesuaian pemeriksaan antigen core VHC dengan RNA VHC metode PCR sangat baik. 


Keywords


VHC, antigen core VHC, PCR

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Kedokteran Baiturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kedokteran Baiturrahmah (JKB)

Email : jkb@unbrah.ac.id