Hubungan Efektivitas Diskusi Kelompok dengan Nilai Modul Kardiorespirasi pada Mahasiswa Angkatan 2018 di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah
Abstract
Latar belakang: Dalam pendidikan kedokteran, sistem student centered learning (SCL) diterapkan dengan model problem based learning (PBL). Ini merupakan inovasi dalam suatu metode pembelajaran dengan tujuan untuk melatih mahasiswa berpikir kritis, kreatif, rasional dan meningkatkan pemahaman materi serta memberikan pengalaman nyata terhadap mahasiswa salah satu metodenya yaitu diskusi kelompok. Tujuan: Mengetahui bagaimana hubungan diskusi kelompok dengan nilai Modul Kardiorespirasi mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa tahun pertama pada bulan Mei 2019 dengan rumus korelatif kategorik dengan sampel sebanyak 60 orang menggunakan google formulir. Analisis data dilakukan secara univariat disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan menggunakan uji Spearman menggunakan program SPSS. Hasil: Pada penelitian ini dari 150 mahasiswa diperoleh responden sebanyak 60 orang hasil paling banyak tinggal sendiri, kontrakan atau kos yatu sebanyak 53 orang (88,3%) dan yang paling banyak mengisi data adalah berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 48 (80%). Untuk nilai modul di dominasi oleh nilai D sebanyak 31 orang (51,3 aspek demotivational sebanyak 67%. Kemudian hubungan efektivitas diskusi kelompok dengan nilai modul pada aspek demotivational r = 0,385 dan p = 0,002. Kesimpulan: Didapatkan dari tiga aspek yang terdapat pada efektifitas diskusi kelompok hanya aspek demotivational yang memiliki hubugan dengan nilai modul memiliki hubungan dan menunjukan koefisien korelasi dengan p = 0,002 dan nilai r = 0,385 maka semakin tinggi nilai aspek demotivational maka semakin tinggi tingkat kegagalan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kebudayaan KKBPM dan. Indonesia Peringkat ke-57 EDI dari 115 Negara Tahun 2014. HUMASNEW.
Ardian A, Munadi S. Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning Dan Kemampuan Spasial. J Pendidik Teknol dan Kejuru. 2015;22(4):454-466.
Kedokteran NP. Kematangan refleksi diri dosen sebagai tutor terhadap paradigma. 2017;6(1).
Fauziah Nuraini Kurdi. Penerapan Student-Centered Learning Dari Teacher-Centered Learning Mata Ajar Ilmu. Forum Kependidikan. 2009;28(2):108-113.
Pioh VE, Mewo Y, Berhimpon S. Efektivitas kelompok diskusi tutorial problem based learning di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. e-Biomedik (eBm). 2016;4(1). doi:10.1055/s-0034-1366097
Lailatus SS, Mochammad, Ardian Suryaji SNA, Poppy Rahmatika Primandiri AMS. Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Local Materials terhadap Keterampilan Metakognisi, Keterampilan Inkuiri dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. J Berbas LOCAL Mater. 2015;2(1):501-507.
Rektor Universitas Baiturrahmah. Pedoman Kurikulum Universitas Baiturrahmah. Padang: Universitas Baiturrahmah; 2018.
Latukonsina VZ. Evaluasi Diri Problem Based Learning (PBL) Pada Blok Biomedik 5 Mahasiswa Semester 2 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Molucca Medica. 2012;5(1):24-31.
Setiawan E. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kemendikbud. https://www.kbbi.web.id/mahasiswa. Published 2018. Accessed January 29, 2019.
Yusniah. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. jakarta; 2008.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. (Belajar P, ed.). Yogyakarta: pustaka belajar; 2011.
Sudiyono A. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: pt raja grafinda persada; 2009.
Latukonsina VZ. Evaluasi diri Problem Based Learning (PBL) pada blok biomedik mahasiswa semester 2 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. J Kedokt dan Kesehat. 2012;5(1):24-31
DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v2i2.457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.