Perilaku Wanita Usia Subur dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi Intra Uterine Device (Iud) di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Tahun 2018

Annisa Lidra Maribeth, Ayuning Aulia, Nita Adhani Pasundani, Nur Annisa Fauziah, Siti Ma'rifah, Bidayatul Tsalisatul Sua’idah

Abstract


Latar belakang: Penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) pada wanita usia subur di Indonesia masih tergolong rendah yaitu 4,7 persen. Salah satu jenis MKJP adalah intrauterine device (IUD). Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) dinilai memiliki pengetahuan yang cukup terhadap MKJP. Tujuan: Menggali lebih dalam tentang perilaku wanita usia subur dalam pemilihan kontrasepsi IUD di FKM UI. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara mendalam selanjutnya dianalisis dengan content analysis. Sampel penelitian adalah mahasiswi Pasca Sarjana FKM UI berusia 15-49 tahun yang telah menikah dan memutuskan menggunakan alat kontrasepsi. Sampel yang dipilih akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu yang menggunakan IUD dan tidak menggunakan IUD. Hasil: dari penelitian ini diketahui bahwa faktor yang menghambat perilaku penggunaan kontrasepsi IUD adalah sikap dan faktor yang mendorong perilaku penggunaan IUD adalah dukungan suami. Intervensi yang mungkin dapat dilakukan adalah meningkatkan motivasi dan memperbaiki persepsi pengguna non IUD. Hal ini diharapkan dapat mengubah sikap pengguna non IUD dari tidak setuju menjadi setuju untuk menggunakan IUD. Selain itu peran dukungan suami perlu ditingkatkan dengan berbagai intervensi. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara pengguna kontrasepsi IUD dan non IUD.


Keywords


Perilaku wanita usia subur, intrauterine device (IUD), kontrasepsi jangka panjang, kualitatif

Full Text:

PDF

References


WHO. Maternal Mortality. 2016.

Badan Pusat Statistik, Badan Koordinasi Keluarga Berencanan Nasional, Departemen Kesehatan, Macro International. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. Sdki. 2013;16.

WHO, UNICEF, UNFPA, World Bank Group and the United Nations Population Division. Trends in 2000 to 2017 Trends in maternal mortality: 2000 to 2017. 2017. 104 p.

Johnston RB. Arsenic and the 2030 Agenda for sustainable development. Arsen Res Glob Sustain - Proc 6th Int Congr Arsen Environ AS 2016. 2016;12–4.

BKKBN. Batasan dan Pengertian MDK (Pemutahiran Data Keluarga) Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia Jakarta Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, RISKESDAS. 2017 Survei Demografi dan. Riset Kesehatan Dasar 2018. 2018. 1–446 p.

Rahayu S. Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. J IPenelitian Geogr. 2017;V(4):1–12.

Kurniawan H NR. Perilaku Akseptor Dalam Memilih Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (Mkjp) Di Poskesdes Anuta Singgani Kecamatan Mantikulore Kota Palu. J Prev [Internet]. 2017;8(April):1–58. Available from: rahmathidayatkesmas12@gmail.com

Suharti S. Efektivitas Kie (Komunikasi, Informasi Dan Edukasi) Terhadap Penggunaan Kb Iud (Intra Uterine Devices) Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. J Ilm Kebidanan IMELDA [Internet]. 2016;2(2):86–93. Available from: http://ojs.stikes-imelda.ac.id/index.php/jiki/article/view/159/126

Puja, Girsang ES, Sari DK. Gambaran Pengetahuan Wanita Pasangan Usia Subur Tentang Metode Keluarga Berencana modern di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal tahun 2017. J Kedokt Methodist. 2017;11(1):26–30.

Jalang’O R, Thuita F, Barasa SO, Njoroge P. Determinants of contraceptive use among postpartum women in a county hospital in rural Kenya. BMC Public Health. 2017;17(1):1–8.

Sulastri S, ChichikNirmasari. Hubungan dukungan suami dengan minat ibu dalam pemakaian kontrasepsi iud di bergas. Akad Kebidanan Ngudi Waluyo Ung. 2013;2–7.




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v2i2.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.