Gambaran Pengalaman Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa Semester I menggunakan Google Classroom

Resti Rahmadika Akbar, Mutiara Anissa, Dian Ayu Hamama Pitra, Debie Anggraini, Dita Hasni

Abstract


Latar Belakang: Perkembangan teknologi informasi pada era revolusi 4.0 juga berpengaruh pada pendidikan. Pendidikan tinggi dituntut untuk mengembangkan kurikulum yang berbasis literasi digital dan literasi teknologi. Penggunaan blended learning mengkombinasikan metode tatap muka dengan google classroom pada modul pengantar pembelajaran kedokteran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengalaman pembelajaran mahasiswa menggunakan blended learning. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan potong lintang. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester pertama Fakultas Kedokteran universitas Baiturrahmah. Data dikumpulkan melalui kuisioner online menggunakan google form. Hasil: Jumlah responden 56 mahasiswa. Sebanyak 83.9% mahasiswa sudah familiar dengan istilah e-learning atau blended learning, 92.9% menyatakan tidak mengalami kesulitan saat menggunakan google classroom. Sebanyak 92,9% mahasiswa merekomendasikan google classroom sebagai media yang cukup efektif. Kesimpulan: manfaat blended learning dapat dirasakan oleh mahasiswa, media menyampaikan sumber pembelajaran dan media diskusi dengan mahasiswa serta memeriksa hasil tugas mahasiswa dengan cepat, serta meningkatkan kedisiplinan mahasiswa.


Keywords


blended learning, e-learning, google classroom, revolusi 4.0

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemeristekdikti. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidkan Tinggi di Era Industri 4.0. 2019

Angraini MR, Muharini R, Lestari I. Penerapan blended learning berbasis edmodo. 2018; 1–12.

Gillette C, Rudolph M, Kimble C, et al. A Meta-Analysis of Outcomes Comparing Flipped Classroom and Lecture. 2018; 82: 433–440.

Liu Q, Peng W, Zhang F, et al. The Effectiveness of Blended Learning in Health Professions : Systematic Review and Meta-Analysis. Corresponding Author : 18. DOI: 10.2196/jmir.4807.

Dash S. Article Google Classroom as a Learning Management System to Teach Biochemistry in a Medical School. 2016; 1–4.

Micheal S. Blended learning to teach gender in medical school. 2018; 1–6.

Pettit RK, Mccoy L, Kinney M. What millennial medical students say about flipped learning. 2017; 487–497.

Hill MR, Goicochea S, Merlo LJ, et al. In their own words : stressors facing medical students in the millennial generation generation. Med Educ Online; 23. Epub ahead of print 2018. DOI: 10.1080/10872981.2018.1530558.

Njie-carr VPS, Lude- E, Lee MC, et al. An integrative review of flipped classroom teaching models Elsevier B.V. Epub ahead of print 2016. DOI: 10.1016/j.profnurs.2016.07.001.

Mccutcheon K, Lohan M, Traynor M, et al. S A systematic review evaluating the impact of online or blended learning vs . face-to-face learning of clinical skills in undergraduate nurse education. Epub ahead of print 2014. DOI: 10.1111/jan.12509.




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v2i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Health & Medical Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.