Hubungan Komunikasi Acknowledge Introduce Duration Explanation Thank You (AIDET) dengan Keselamatan Pasien

Yance Komela Sari, Nopan Saputta, Astilia Astilia

Abstract


Pendahuluan: Konsep keperawatan anestesi adalah untuk memberikan kenyamanan dan memberikan perawatan sesuai dengan kebutuhan pasien dan untuk mendorong komunikasi antara penata dan pasien. Namun sejauh ini komunikasi antara mahasiswa anestesi dengan pasien masih belum terlaksana dengan baik  karena jadwal kerja yang sibuk dan kurangnya tenaga penata anestesi. Salah satu komunikasi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa anestesi adalah komunikasi  AIDET (Acknowledge, Introduce, Duration, Explanation, Thank You). Komunikasi AIDET merupakan alat komunikasi yang berpusat pada klien. Tujuan penelitian: untuk melihat hubungan komunikasi AIDET dengan keselamataan pasien. Metode: Rancangan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan  pada bulan November 2023 – Juli 2024. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan anestesiologi yang praktek klinik di RSI Siti Rahmah Padang yang berjumlah 29 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara total sampling. Hasil: Komunikasi AIDET dapat diaplikasikan oleh mahasiswa keperawatan anestesiologi dengan sangat baik pada saat praktek klinik keperawatan dengan hasil 72,4%. Begitu juga dengan keselamatan pasien yang tercapai  penuh 96,6%.  Pada penelitian ini diperoleh nilai p = 0.314, Maka dapat disimpulkan bahwa korelasi antara Komunikasi AIDET dengan keselamatan Pasien tidak bermakna. Nilai korelasi  sebesar 0,000 menunjukan korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang sangat lemah. Kesimpulan: Meskipun hasil statistik tidak menunjukkan hubungan signifikan, komunikasi AIDET tetap direkomendasikan sebagai komunikasi dalam keselamatan pasien untuk mencegah agar tidak terjadi insiden keselamatan pasien.


Keywords


AIDET, anestesi, keselamatan pasien, komunikasi, mahasiswa

References


. Douglas RN, Stephens LS, Posner KL, et al. Communication failures contributing to patient injury in anaesthesia malpractice claims☆. Br J Anaesth. 2021;127(3):470-478. doi:10.1016/j.bja.2021.05.030

. Kumar M, Chawla R. Communication skills and anesthesiologists. Anesth essays Res. 2013;7(2):145-146. doi:10.4103/0259-1162.118938

. Dingley C, Daugherty K, Derieg MK, Persing R. Improving Patient Safety Through Provider Communication Strategy Enhancements. Adv Patient Saf New Dir Altern Approaches (Vol 3 Perform Tools). 2008;3:1-18. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21249923.

. O’Daniel M, Rosenstein AH. Professional communication and collaboration. In: The Keys to Effective Schools: Educational Reform as Continuous Improvement, Second Edition. ; 2007:51-66. doi:10.4135/9781483329512.n4

. Nedelcu CM, Niculiǎ OO, Nedelcu V, et al. Effective communication and patient safety among nurses in perioperative settings: a best practice implementation project. JBI Evid Implement. 2022;20:S3-S14. doi:10.1097/XEB.0000000000000316

. Panchuay W, Soontorn T, Songwathana P. Exploring nurses’ experiences in applying AIDET framework to improve communication skills in the emergency department: A qualitative study. Belitung Nurs J. 2023;9(5):464-470. doi:10.33546/bnj.2789

. Fu K, Li S, Lu S. Application and effect evaluation on Acknowledge-Introduce-Duration-Explanation-Thank you (AIDET) communication mode in cataract daytime operation nursing. Ann Eye Sci. 2020;5:12-12. doi:10.21037/aes.2020.03.01

. Farhah T. Hubungan Demografi Tenaga Kefarmasian dengan Pelaksanaan Patient Safety di RSUD DR. R. Koesma Berdasarkan SNARS 2018 Edisi 1.1. 2022:1-80.

. Aspden P, Corrigan JM, Wolcott J, Erickson SM. Patient Safety:: Achieving a New Standard for Care Editors, Committee on Data Standards for Patient Safety. Vol 550.; 2004. http://www.nap.edu/catalog/10863.html.

. Mistri IU, Badge A, Shahu S. Enhancing Patient Safety Culture in Hospitals. Cureus. 2023;15(12):1-7. doi:10.7759/cureus.51159

. Kurniadi Z, M. Noer R, Suangga F. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keselamatan Pasien Oleh Perawat Di Rumah Sakit X Di Tanjungpinang. War Dharmawangsa. 2023;17(4):1473-1481. doi:10.46576/wdw.v17i4.3802

. Irwanti F, Guspianto G, Wardiah R, Solida A. Hubungan Komunikasi Efektif dengan Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi. J Kesmas Jambi. 2022;6(1):32-41. doi:10.22437/jkmj.v6i1.15551

. Maulida S, Damaiyanti M. Hubungan sKomunikasi dengan Keselamatan Pasien pada Perawat di IGD Rumah Sakit : Literature Review. Borneo Student Res. 2021;3(1):373-379.

. Braverman AM, Kunkel EJ, Katz L, et al. Do I Buy It? How AIDETTM Training Changes Residents’ Values about Patient Care. J Patient Exp. 2015;2(1):13-20. doi:10.1177/237437431500200104




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v7i2.1673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.