Pengaruh Video Animasi terhadap Perilaku Pencegahan COVID-19 pada Anak Sekolah Dasar

Farah Sevnell Yanti, Fathiya Juwita Hanum, Firdawati Firdawati, Rizki Rahmadian, Arni Amir, Siti Nurhajjah

Abstract


Pendahuluan: Coronavirus Disease (COVID-19) merupakan penyakit infeksi virus SARS-CoV-2 yang menyerang sistem pernapasan manusia. Penyakit ini memiliki tingkat penularan yang tinggi sehingga diperlukan upaya pencegahan untuk menghambat penularannya. Anak sekolah dasar termasuk kelompok yang berisiko menjadi carrier dan menularkan virus ini kepada orang lain meskipun tidak bergejala. Promosi kesehatan pada kelompok ini penting dilakukan melalui media penyampaian informasi yang menarik agar mereka menyadari pentingnya melakukan upaya pencegahan penyakit COVID-19. Tujuan penelitian: Untuk melihat pengaruh video animasi tentang pencegahan COVID-19 terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa sekolah dasar kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit Padang. Metode: Ini adalah penelitian analitik menggunakan pre experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Terdapat sebanyak 52 sampel siswa SDN 10 Lambung Bukit Padang. Data diambil menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji wilcoxon signed rank test. Hasil: Sebelum dilakukan intervensi mayoritas sampel memiliki tingkat pengetahuan yang kurang (48,1%), sikap yang baik (61,5%) dan tindakan yang baik (75,0%). Setelah diberikan intervensi, mayoritas memiliki tingkat pengetahuan yang cukup (57,7%), sikap yang baik (84,6%) dan tindakan yang baik (84,6%). Hasil analisis bivariat pre dan post intervensi menggunakan Uji Wilcoxon mendapatkan nilai p-value < 0,05 untuk variabel pengetahuan, sikap, dan tindakan. Hal ini menunjukkan setelah dilakukan intervensi terdapat perubahan yang bermakna (signifikan) dari  pengetahuan, sikap, dan tindakan responden tentang pencegahan COVID-19. Kesimpulan: Terdapat pengaruh video animasi tentang pencegahan COVID-19 terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa sekolah dasar kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit.


Keywords


Pandemi, Media Edukasi, Promosi Kesehatan, Perilaku, Anak Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


. World Health Organization. WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. 2021. [cited 2022 March, 11]. Available from: https://covid19.who.int/region/searo/country/id

. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peta Sebaran COVID-19. 2021. [cited 2022 March, 11]. Available from: https://covid19.go.id/peta-sebaran

. Pitriyanti L, Diansafitri M. Penyediaan Tempat Cuci Tangan dan Pembagian Masker Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19 di Pura Giri Natha Puncak Sari Kabupaten Bintan. J Salam Sehat Masy. 2021;2(2):27–33

. Griffin MR, Walker FJ, Iwane MK, Weinberg GA, Staat MA, Erdman DD. Epidemiology of Respiratory Infections in Young Children: Insights from The New Vaccine Surveillance Network. Pediatr Infect Dis J. 2004;23(11):188–92

. Manivannan M, Jogalekar MP, Kavitha MS, Maran BAV, Gangadaran P. A Mini-Review on The Effects of COVID-19 on Younger Individuals. Exp Biol Med. 2021;246(3):293–7

. Ibda F. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita. 2015;3(1):27–38

. Fitria A. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini. 2014;5(2):57–62

. Mulyadi MI, Warjiman, Chrisnawati. Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video terhadap Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. J Keperawatan Suaka Insa. 2018;3(2):1–9

. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021. 2021. [cited 2022 September, 4]. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/163568/permendikbud-no-1-tahun-2021

. Badan Pusat Statistik Kota Padang. Penduduk Menurut Kelompok Umur (Jiwa), 2018-2020. 2021. [cited 2022 September, 4]. Available from: https://padangkota.bps.go.id/indicator/12/664/1/penduduk-menurut-kelompok-umur.html

. Erlin F, Putra ID, Hendra D. Peningkatan Pengetahuan Siswa dalam Pencegahan Penularan COVID-19. JMM (Jurnal Masy Mandiri). 2020;4(4):663–9

. Setyatama IP, Ananda NTT. Sikap Orang Tua terhadap Perilaku Pencegahan Penularan COVID-19 pada Anak Prasekolah di Desa Kalisapu Tegal. Stethoscope. 2021;2(2):96–101

. Akbar A, Hardy FR, Maharani FT. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap terhadap Tindakan Pencegahan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat; 12 Desember 2020

. Suryani I. Pengaruh Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Pattuku Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone. Fak Tarb dan Kegur UIN Alauddin Makassar. 2021;1–102.

. M Jeffri, D Anggraini, M Oktora. Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Penilaian Pembelajaran Skills Lab Secara Daring pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang. Scientific Journal 2022. 1 (1), 36-45

. Wisnawati MM. Pengaruh Edukasi Video SICOMA (Animasi COVID by Maria) terhadap Pengetahuan Pencegahan COVID-19 pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 47 Kota Bengkulu Tahun 2021. Politek Kesehat Kemenkes Bengkulu. 2021;1–121




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v5i2.1289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.