Profil Nilai Tinjauan pada Hasil CBT UKMPPD di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Tahun 2017-2021

Resti Rahmadika Akbar, Muhammad Fajry Azzuhry, Yuri Haiga

Abstract


Pendahuluan: Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) adalah suatu tahap dalam proses program pendidikan kedokteran yang dilaksanakan secara nasional terhadap mahasiswa kedokteran. Pelaksanaan ujian tersebut mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Profesi Dokter Indonesia (SNPPDI) serta memiliki fungsi sebagai exit exam yang bersifat nasional dengan tujuan untuk menjamin mutu lulusan pendidikan dokter kompeten dan terstandar nasional. Computer Based Test (CBT) UKMPPD termasuk kedalam penilaian sumatif karena pelaksanaannya bertujuan untuk menentukan kelulusan dalam suatu proses pembelajaran seseorang. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil nilai tinjauan pada hasil CBT UKMPPD di Fakultas  Kedokteran Universitas Baiturrahmah tahun 2017-2021. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data sekunder dengan jumlah sampel 19 periode CBT UKMPPD Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah tahun 2017-2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai CBT UKMPPD per-periode. Hasil: Berdasarkan hasil analisis data didapatkan persentase kelulusan terendah berada pada periode November 2020 (15,7%) sedangkan kelulusan tertinggi berada pada periode Agustus 2018 (86,9). Pada tinjauan 5 tahun 2019-2021 terjadi kelemahan pada materi psikiatri, pernapasan dan endokrin, metabolik dan nutrisi, hematologi dan imunologi. Pada tinjauan 6 tahun 2019-2021 terjadi kelemahan pada materi terapi. Pada tinjauan 7 tahun 2020-2021 terjadi kelemahan pada materi anak, sedangkan materi dewasa dan lansia sudah mengalami penurunan sejak tahun 2018. Pada periode Agustus 2017, Mei 2018, Agustus 2018, Februari 2019, Agustus 2019 nilai rerata institusi telah mencapai NBL sedangkan pada periode Agustus 2017, 2018, 2019 nilai rerata instintusi telah mencapai NBL bahkan lebih tinggi dari nilai rerata nasional. Kesimpulan: Perlu perhatian pada topik psikiatri, pernapasan, endokrin dan metabolikhematologi imunologi, penguatan pada keterampilan 4A sampai ke terapi atau penatalaksanaan. Berdasarkan kelompok usia, kasus lansia perlu perhatian.


Keywords


CBT, Nilai Tinjauan, UKMPPD

Full Text:

PDF

References


. Ananda AP, Hudaidah. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa. SINDANG-Jurnal Pendidik Sej dan Kaji Sej. 2021;3(2):102–8.

. Lestari TRP. Kebijakan Pendidikan Kedokteran di Indonesia. Info Singk Kesejahteran Sos. 2012;4(8):9–12.

. Liansyah TM. Problem Based Learning Sebagai Metode Perkuliahan Kedokteran Yang Efektif. Pedagogik. 2015;8(1):55–63.

. Sri Maria Puji Lestari, Esteria Marhayuni, Dessy Hermawan MGP. Tingkat Pengetahuan Penulisan Resep Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Tahap Sarjana Program Studi Kedokteran Universitas Malahayati. MAHESA MALAHAYATI Heal STUDENT J. 2021;1(2746-198X):142–52.

. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Permendikbud No. 2 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan. Peratur Pemerintah. 2020;

. Wardani NP. Profil Nilai Tinjauan Sistem Organ Pada Hasil Cbt Ukmppd Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (Skripsi). 2017;1–29.

. Syauqi A. Jalan panjang covid19 (sebuah refleksi dikala wabah merajalela berdampak pada perekonomian). JKUBS J Chem Inf Model. 2020;1(1):1–19.

. Meri Lidiawati, Hilda. Hubungan Bimbingan Belajar UKMPPD dengan Kelulusan UKMPPD Computer Bassed Test Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Periode Mei 2017. J Dedik Pendidika. 2018;2(1):63–8.

. Dwiyanti C. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Program Profesi Dokter (UKMPPD) Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar. (Skripsi). 2017;82.

. Santoso SS, Lusida N, Farida I, Husaeni F. Analisis Efektivitas Pembimbingan Mahasiswa Dalam Persiapan Mengikuti UKMPPD ( Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter ) Terhadap Kelulusan UKMPPD Nasional Periode 2016. Pros Annu Meet Asos Pendidik Kedokt dan Kesehat Muhammadiyah ke V Fak Kedokt Univ Muhammadiyah Palembang. 2016;1–7.

. Jefri, M., Anggraini, D., & Oktora, M. Z. (2022). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Penilaian Pembelajaran Skills Lab Secara Daring pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang. Scientific Journal, 1(1), 36-45.

. Wati HM, Susanti L, Valzon M. Studi Kualitatif Pengaruh Faktor Individu Terhadap Kelulusan Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2022;4(1):1140–9.

. Murad MH, Varkey P. Self-directed learning in health professions education. Ann Acad Med Singapore. 2008;37(7):580–90.

. Natasha Ayu Shafira N. Peran MCQ Sebagai Instrumen Evaluasi Dalam Pendidikan Kedokteran. Jmj. 2015;3(2):132–9.

. Akbar RR, Nasution ES. Correlation learning style with grade point average fourth year medical student. Open Access Maced J Med Sci. 2021;9(T3):358–61.

. Akbar, R. R., Anissa, M., Pitra, D. A. H., Anggraini, D., & Hasni, D. (2020). Gambaran Pengalaman Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa Semester I menggunakan Google Classroom. Health and Medical Journal, 2(1), 29-33.

. Akbar RR, Wahid M, Werdhani RA. Correlation Between Medical Students’ Perception on Learning Environment and Stress Level. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2019;8(1):1.




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v5i3.1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.