Hubungan Tingkat Kecemasan Preoperatif dengan Karakteristik Pasien di Kamar Operasi RSI Siti Rahmah

Shyndi Berliana Putri, Anita Darmayanti, Nadia Purnama Dewi

Abstract


Pendahuluan: Kecemasan adalah keadaan dimana seseorang mengalami perasaan gelisah dan terjadi aktivasi sistem saraf otonom yang merupakan respon terhadap ancaman yang tidak jelas dan non spesifik. Kecemasan sering terjadi pada saat dilakukan operasi karena adanya gangguan integritas tubuh dan jiwa seseorang yang dapat berpengaruh pada psikologis. Tujuan penelitian: Mengetahui hubungan tingkat kecemasan pasien preoperatif dengan karakteristik pasien di Kamar Operasi RSI Siti Rahmah. Metode: Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional dan berada dalam ruang lingkup ilmu anestesi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien yang akan menjalani operasi di RSI Siti Rahmah. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2019 – Januari 2020 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 52 orang. Analisis data univariat disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase dan analisis bivariat menggunakan uji Chi-square dan pengolahan data menggunakan komputerisasi program SPSS versi 24.0. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian usia terbanyak adalah dewasa yaitu 27 orang (51,9%), jenis kelamin terbanyak adalah laki-laki yaitu 28 orang (53,8%), pendidikan terbanyak adalah tingkat pendidikan tinggi yaitu 22 orang (42,3%), pekerjaan terbanyak adalah swasta yaitu 15 orang (28,8%) dan status pernikahan terbanyak adalah sudah menikah yaitu 42 orang (80,8%), tingkat kecemasan terbanyak adalah kecemasan berat yaitu 20 orang (38,5%), terdapat hubungan usia (p=0,036), jenis kelamin (p=0,010), pendidikan (p=0,042), pekerjaan (p=0,016) dengan tingkat kecemasan pasien sedangkan tidak terdapat hubungan antara status pernikahan dengan tingkat kecemasan pasien di Kamar Operasi RSI Siti Rahmah. (p=0,064). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara usia, jenis kelamin, pendidikan, serta pekerjaan dengan tingkat kecemasan pasien di Kamar Operasi RSI Siti Rahmah akan tetapi tidak terdapat hubungan antara status pernikahan dengan tingkat kecemasan pasien di Kamar Operasi RSI Siti Rahmah

Keywords


Karakteristik Pasien Preoperatif, Tingkat Kecemasan

Full Text:

PDF

References


. Nevid, J. Rathus, S. Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga; 2015.

. Utama, Hendra. Buku Ajar Psikiatri. Jakarta: FKUI; 2017.

. Asmadi. Konsep Dasar Keperawatan.Jakarta : EGC; 2008.

. Brunner and Suddarth. Text Book Of Medical Surgical Nursing. 12th Edition. China: LWW; 2013.

. Hawari. Dadan.Manajemen Stress, Cemas, Dan Depresi. Jakarta: FKUI; 2013.

. Semeltzer, S. C. and Bare, B. G. Buku Ajaran Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth. Edisi 8 Volume 2. Alih Bahasa H. Y. Kuncara, Monica Ester, Yasmin Asih, Jakarta : EGC; 2013

. Kurasein, D.Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Pasien yang akan Menjalani Operasi Mayor Elektif di Ruang Rawat Bedah RSUP Fatmawati. Jakarta Selatan; 2009.

. Majid, dkk. Keperawatan Perioperatif. Gosyen Publishing: Yogyakarta; 2011.

. Suliswati, dkk. Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC; 2005.

. Fortinesh. Psychiatric Nursing Care Plane. California: Mosby Year; 2007.

. Depkes RI.Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI; 2013.

. Bahsoan, Heriana. Hubungan Mekanisme Koping Dengan Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi di Ruang Perawatan Bedah RSUD Prof. Dr. Hi. Aloei Saboe. Gorontalo: UNG; 2013

. Hasmawa, K. Identifikasi Tingkat Kecemasan Pada Pasien Preoperatif di Rumah Sakit Umum Bahteramas Sulawesi Tenggara; 2016.

. Abidin, Syahrir, H., & Richa. Faktor Resiko Kejadian Kanker Payudara Di RSUD Labuang Baji Makasar. Jurnal Ilmiah Kesehata Diagnosis, 4(2), 2302-1721: 2015.

. Handayani, Reska. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Persalinan pada Ibu Primigravida Trimester III di Wiliayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2012. Ners Jurnal Keperawatan , Vol. 11, No.1; 2015.

. Vellyana, D. dkk. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Preoperatif di RS Mitra Husada Pringsewu. STIKes Muhammadiyah Pringsewu. Lampung; 2017.

. Bustaman, Djumhana. Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami, Yogyakarta: pustaka Pelajar; 2004.

. Trismiati. Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Pria dan Wanita Akseptor Kontrasepsi Mantap di RSUP dr. Sarjito Yogyakarta. Jurnal Psyche; 2006

. Apriansyah, A. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Preoperasi dengan Derajat Nyeri Pada Pasien Sectio Caesarea di Rumah Sakit Muhammadiyah. Palembang; 2014.

. Marlina, T. Tingkat Kecemasan Pasien Sebelum dan Sesudah Pembedahan di Rumah Sakit Swasta Yogyakarta. Yogyakarta; 2017.

. Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2003.

. Raystone. Dalam Maria. Kecemasan atau Ansietas. From: http//ww.mitrariset.com/2008/11/kecemasan-atau-ansietas.html: diunduh pada tangal 11 juli 2012; 2005.

. Notoatmodjo Soekidjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.

. Widiastuti Y. Gambaran Kecemasan Pada Pasien Preoperasi Fraktur Femur di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. PROFESI. Volume 12, Nomor 2; 2015.

. Maryaningtyas, N. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat “kecemasan Orang Tua Terhadap Penyakit Terminal (Leukemia) pada Anak di Rumah Sakit Dokter Kariadi Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro; 2005.

. Ni Ketut Kusmarjathi. Tingkat Kecemasan Pasien

Preoperasi Apendektomi di Ruang Bima RSUD Sanjiwani Gianyar. Gempar: Jurnal Ilmu Keperawatan; 2009.

. Basofi, D. A. Hubungan Jenis Kelamin, Pekerjaan, dan Status Pernikahan dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Operasi Katarak di Rumah SAkit Yarsi Pontianak. Naskah Publikasi. Universitas Tanjungpura Pontianak; 2016.

. Tauqir MZ, Tanveer AC, M Sehreen, Ahmad K. Knowledge Of Patients’ Visual Experience During Cataract Surgery: a Survey Of Eye Doctors In Karachi, Pakistan. RESERCH ARTICLE. BMC Ophthalmology. 12:55; 2012.

. Scott, dkk. Principles Of Human Resource, Management, 15th ed. Mason, OH: South Western – Cengage Learning; 2010.

. Azizah, M. L., Zainuri, I., & Akbar, A. Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa., Sleman, Yogyakarta.: Indomedia Pustaka. Retrieved from www.indomediapustaka.com; 2016.

. Budiman, F., et.al. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Infark Miokard Akut di Ruang CVCU RSUP Prof. Dr. R. Kandou Manado. E-Journal Keperawatan; 2015

. Abdul-Rasoul A. Pre-operative Anxiety In Patients Undergoing Different Types Of Surgery Comparative Study. J Fac Med Baghdad: 50; 2008.

. Maryam & Kurniawan A. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Terkait Hospitalitasi Anak Usia Toddler di BRSD RAA Soewono Pati. FIKkes Jurnal Keperawatan, Vol. I No. 2 Maret 2008: pp. 38-56; 2008.

. Zamriati, Wa Ode. Esther hutagaol dan Ferdinand Wowiling. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan di Poli KIA PKM Tumining; 2013.

. Nursalam dan Siti Pariani. Pendekatan Praktis Metode Riset Keperawatan. Jakarta; 2001.

. Bachri, S, Cholid Z, dan Rokhim A. Perbedaan Tingkat Kecemasan pasien Berdasarkan Usia, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Pencabutan Gigi di RSGM FKG Universitas Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol. 5 (no 1); 2017.

. Al-Saffar NM, Saeed DA. Generalized Anxiety Disorder in Type 2 Diabetes Mellitus in Suleimaniya City. Tikrit Med J; 2016.

. Stuart G.W, Sundeen.Principles and Practice of Psykiatric Nursing (5 th ed.). St. Louis Mosby Year Book; 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Baiturrahmah Medical Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.