ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI DOKTER DAN DOKTER GIGI DENGAN LOYALITAS PASIEN

Yashinta Octavian Setyanda, Rizanda Machmud, Abdi Setya Putra

Abstract


Era globalisasi telah menciptakan tantangan bagi semua jenis industri untuk berkompetisi, termasuk industri rumah sakit. Pembentukan hubungan yang kuat dengan pelanggan hingga terciptanya loyalitas merupakan faktor kunci bagi rumah sakit untuk dapat meningkatkan market share dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Menurut beberapa literatur, loyalitas pelanggan rumah sakit dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya komunikasi dokter. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis hubungan kualitas komunikasi dokter dengan loyalitas pasien di ruang rawat inap RS Izza Cikampek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat analitik dengan desain penelitian berupa cross sectional kepada 400 orang pasien.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas komunikasi dokter dengan loyalitas pasien di RS Izza Cikampek (p=0,000, OR=9,503). Oleh sebab itu sangat penting bagi manajemen untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas komunikasi dokter agar dapat menyelesaikan masalah penurunan  loyalitas pasien terhadap rumah sakit tersebut.

Keywords


Komunikasi dokter, Loyalitas Pasien, RS Izza Cikampek

References


What do you really know about patient loyalty? [press release]. Becker’s Hospital Review2017.

Arab M, Tabatabaei SG, Rashidian A, Forushani AR, Zarei E. The Effect of Service Quality on Patient loyalty: a Study of Private Hospitals in Tehran, Iran. Iran J Public Health. 2012;41(9):71-7.

Rogg JG, Rubin JT, Hansen P, Liu SW. The frequency and cost of redundant laboratory testing for transferred ED patients. Am J Emerg Med. 2013;31(7):1121-3.

Aliah. Analisis perbedaan karakteristik sosial ekonomi terhadap persepsi kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makassar: Universitas Hasanuddin; 2010.

Unal O, Akbolat M, Amarat M. The influence of patient-physician communication on physician loyalty and hospital loyalty of the patient. Pak J Med Sci. 2018;34(4):999-1003.

Astuti HJ. Patient Loyalty to Healthcare Organizations: Relationship Marketing and Satisfaction International Journal of Management and Marketing Research. 2014;7(2):39-56.

Consumerism: Earning Patient Loyalty and Market Share [press release]. Press Ganey Associates, Inc2015.

Hitawala A, Flores M, Alomari M, Kumar S, Padbidri V. Improving Physician-patient and Physician-nurse Communication and Overall Satisfaction Rates: A Quality Improvement Project. Cureus. 2020;12(4).

Ha JF, Longnecker N. Doctor-Patient Communication: A Review. Oschner J. 2010;10(1):38-43.

Hurriyati R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha; 2015.

Tjiptono F. Strategi Pemasaran. Edisi 3 ed. Yogyakarta: ANDI; 2008.

Supriyanto S, Ernawaty. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: ANDI; 2010.

Ariadi. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Semarang: Universitas Diponegoro; 2010.

Fatmawati T, Susanto. Pengaruh Mutu Pelayanan Dokter Terhadap Loyalitas Pasien

di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2016;5(2):150-6.




DOI: https://doi.org/10.33854/jbd.v7i2.594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 B-Dent: Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
B-Dent: Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah distributed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.