PERAWATAN INTERNAL BLEACHING PADA INSISIVUS SENTRAL KIRI ATAS PASKA PERAWATAN ENDODONTIC PADA PASIEN DENGAN RIWAYAT TRAUMA

Deli Mona

Abstract


Pendahuluan: Internal Bleaching adalah salah satu perawatan yang bertujuan untuk meningkatkan warna pada gigi non vital. Perubahan warna pada gigi setelah perawatan endodontik merupakan hal yang menjadi perhatian oleh pasien dan dokter gigi. Pemutihan gigi setelah perawatan endodontik adalah sesuatu yang penting untuk mengembalikan warna pada gigi sebelum dilakukan perawatan restoratif permanen. Tujuan: Menjelaskan perawatan Internal Bleaching pada pasien yang memiliki riwayat trauma. Laporan Kasus: Pasien wanita dengan umur 19 tahun datang ke klinik RSGMP dengan keluhan gigi insisivus sentralis atas sebelah kiri telah mengalami perubahan warna. Pasien memiliki riwayat trauma pada gigi anterior yang mulai mengalami perubahan warna sejak dua tahun yang lalu. Pada gambaran radiografi terlihat bahwa gigi 21 sudah dilakukan perawatan saluran akar. Perawatan: Perawatan saluran akar sudah dilakukan pada gigi 21 yang mengalami perubahan warna. Perawatan Internal Bleaching dilakukan untuk mengembalikan warna pada gigi. Kesimpulan: Perawatan Internal Bleaching dapat mengembalikan estetik pada gigi non vital yang telah mengalami perubahan warna akibat riwayat trauma.


Keywords


Riwayat Trauma; Perawatan Saluran Akar; Internal Bleaching

Full Text:

PDF

References


Richard E.Warlton, Mahmoud Torabinejad. Prinsip dan Praktik Ilmu Endodonsia. Edisi ke-3. Jakarta: EGC; 2008

Patil R. Esthetic Dentistry: An Artist’s Science. 1st ed. Mumbai: PR Publication; 2002

Anggraeni dan Sutrisno.2002. Bahan Pemutih Gigi Intrakorona yang Aman dan Efektif. Majalah ilmu kedokteran gigi edisi khusus FORIL.

Halim HS. Perawatan Diskolorisasi gigi dengan tehnik bleaching. Edisi ke 1. Jakarta: Penerbit Usakti; 2006.

Walton R E, Torabinejad M. Prinsip dan Praktik Ilmu Endodonsia. Edisi ke-3. Jakarta: EGC; 2008

Walton, Richard E., Mahmoud Torabinejad, Principle and Practice of Endodontics Ed.3. 2002 Philadelphia : W.B. Saunders.

Robert HD, Yudha R, Irene D. Dental Whitening. Jakarta: PT. Dental Lintas Media; 2005

Cohen, S, Burns, R.C. 1984. Pathway of The Pulp. 3rd ed. St. Louis : The CV Mosby Co, 695-699.

Green Wall Linda, Bleaching Technic In Restorative Dentistry, United Kingdom. 2001.

Rotstein I,Walton RE. Bleching discolored teeth; Internal and external. In: Walton RE,Torabinejab M, eds. Principle and practice of endodontics; 4th. Philadelpia: Saunders Company; 2009.p.31 11. Ingle,JI., Bakland, L.K. Endodontics 6. Ontario: BC Decker Inc.P; 2008

Plotino G, Buono L, Grande N.M, Pameijer C.H, Somma F. Nonvital Tooth Bleaching: A Review of the Literature and Clinical Procedures. Review Article. American Association of Endodontists. 2008.

Dahl J.E, Pallesen U. Traumatic Injuries to the Teeth. 4 th ed. Munksgaard: Blackwell; 2007.




DOI: https://doi.org/10.33854/JBDjbd.40

DOI (PDF): https://doi.org/10.33854/jbd.v3i1.40.g29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah