THE EFFECT OF MANAGERIAL OWNERSHIP AND DEVIDEND POLICY ON DEBT POLICY IN FOOD AND BEVERAGE COMPANIES REGISTERED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE IN 2014-2018

Uci Permata Sari, Afrida Afrida, Nanda Nanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial dan kebijakan dividen secara parsial maupun simultan terhadap kebijakan hutang. Penelitian ini menggunakan kepemilikan manajerial dan kebijakan deviden sebagai variabel independen dan kebijakan hutang sebagai variabel dependen. Kebijakan hutang adalah keputusan yang diambil oleh manajemen untuk menentukan besarnya hutang dalam sumber pendanaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahan yang membagikan deviden pada tahun 2014-2018. Sampel pada penelitian ini sebanyak  7 perusahaan dilakukan dengan teknik non random sampling. Pengujian hipotesis dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan manajerial dan kebijakan deviden secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kebijakan hutang. Hasil uji f menunjukan bahwa kepemilikan manajerial dan kebijakan deviden secara simultan berpengaruh terhadap kebijakan hutang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan meningkatkan kepemilikan manajerial dan kebijakan deviden karena hasil penelitian menunjukan pengaruh negatif terhadap kebijakan hutang yang menekankan jumlah hutang yang cukup besar.


Full Text:

PDF

References


Binastuti, Sugiharti dan Wibowo, Taqdir Edy. 2012. Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ekonomi vol 2 pp 23-47.

Fahdiansyah restu, Jihadil Qudsi dan Adam Bachtiar.2016.StrukturKepemilikan dan Nilai Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal varian. Vol.1 No.2.Hlm: 45.

Fahmi, Irham, 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-2 Bandung: Alfabeta.

Fransiska, Yuli. Tanpa tahun. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilkan Manajerial, dan Kebijakan Dividen terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bur Efek Indonesia tahun 2012 -2014, Vol.xx. No. Xx

J.C Sumantri, M. Mangantar, 2015.Analisis Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal EMBA, Vol.3. No.1 h:1141-1151.

Martono., dan Harjito, Agus. (2008). Manajemen Keuangan. Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: Ekonisia

Masdupi, Erni. (2005). Analisis Dampak Struktur Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang Dalam Mengontrol Konflik Keagenan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol.20, No. 1 Januari, Hlm. 57-69.

Rajagukguk Lasmanita, Etty Widyastuty dan Yunus Pakpahan. 2017. Analisis Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Aset, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kebijakan hutang Pada Perusahaan Manufactur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. Jurnal Akuntansi, Vol. 17 No 1.

Suwito, E dan Herawati, A. 2013. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tindakan Perataan Laa Yang Dilakukan Oleh Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntasi VIII. P.136-146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.