GAMBARAN FAKTOR RISIKO PASIEN HIPERTENSI DI RUMAH SAKIT ISLAM SITI RAHMAH TAHUN 2017

Veni Syafrianti, Prima Adelin, Rifkind Malik, Khomeini Khomeini

Abstract


Hipertensi merupakan penyebab kematian nomor 3 setelah stroke dan tuberkulosis yang mencapai 6,8% dari proporsi penyebab kematian. Prevalensi hipertensi di Indonesia pada pasien umur ≥ 18 tahun adalah 25,8% sedangkan prevalensi di Sumatera Barat sebesar 22,6% dan merupakan lima penyakit terbanyak pada tahun 2014. Hipertensi dipengaruhi oleh beberapa faktor risiko diantaranya adalah usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, status gizi, dan riwayat merokok. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran faktor risiko pasien hipertensi di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kategorik yang dilakukan di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang pada bulan April 2018 sampai Februari 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 orang. Data univariat dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Pada penelitian ini didapatkan gambaran pasien hipertensi tertinggi pada usia 56-65 tahun/usia lansia akhir dengan jenis kelamin perempuan, memiliki riwayat keluarga hipertensi, status gizi normal dan riwayat merokok negatif.


Keywords


Faktor risiko, Jenis Kelamin, Riwayat Keluarga, Riwayat Merokok Status Gizi, Usia

Full Text:

PDF

References


. Notoatmodjo, Soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Pertama. Rineka Cipta;Jakarta;2010.

. Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2013.

. Hartono. Hipertensi The Silent Killer.Perhimpunan Hipertensi Indonesia;2011.

. Anggraini, A.D., Annes Waren, A.,Situmorang, E., Asputra, H. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Pasien yang Berobat di Poliklinik Dewasa Puskesmas Bangkinang Periode Januari sampai Juni 2008.

. Organization WH. A global brief on Hypertension: silent killer, global public health crises (World Health Day 2013). Geneva;WHO;2013.

. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Profil Kesehatan Sumatera Barat Tahun 2014.Padang; 2015.

. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Profil Kesehatan Sumatera Barat Tahun 2015.Padang; 2016.

. Azren,Wan Muhamad. Gambaran Faktor Resiko pada Penderita Hipertensi di wilayah Puskesmas Abang I, Kabupaten Karangasem tahun 2014, Multidisciplinary Journal of Science and

Medical Research, Vol 4, 1.2014.

. Rustiana. Gambaran Faktor Risiko pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Ciputat Timur Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol 1, 2 Juli.2014.

. Tular, G. J., Ratag, B. T., & Kandou, G. D. Hubungan antara aktfitas fisik, riwayat keluarga dan umur dengan kejadian hipertensi di Desa Tarabitan Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Media Kesehatan.Vol.9(3), 1–6.2017.

. Heryanto, E., & Meliyanti, F. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada pasien yang berobat di Balai Pengobatan UPTD Puskesmas Buay Rawan Kabupaten Oku Selatan tahun 2015. Jurnal Kesehatan Bina Husad,Vol.11(4), 498–502.2016.

. Zgheib, N. K., Sleiman, F., Nasreddine, L., Nasrallah, M., Nakhoul, N., Isma’eel, H., & Tamim, H. Short telomere length is associated with aging, central obesity, poor sleep and hypertension in Lebanese individuals. Aging and Disease,Vol.9(1), 77–89.2018.

. Mafaza, R. L., Wiratmadi, B., & Adriani, M. Analisis hubungan antara lingkar perut, asupan lemak, dan rasio asupan kalsium magnesium dengan hipertensi. Media Gizi Indonesia,Vol.11(2), 127–134.2016.

. Ramadhani, Emira Tasya, Yuly Sulistyorini. Hubungan Kasus Obesitas Dengan Hipertensi di Provinsi Jawa Timur Tahun 2015-2016. Jurnal Berkala Epidemiologi.Vol.6(1),35-42.2018.

. Rahayu, H. 2012. Faktor Risiko Hipertensi pada Masyarakat RT 01 Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan. Sripsi: Fakultas Kedokteran UI Jakarta.

. Hanna, Adila, Hendriati, Kemala Sayuti. Gambaran Karakteristik Penderita Retinopati Hipertensi Yang Datang Berobat Ke Poliklinik Mata RSUP DR. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas.Vol.7(2).2018.

. Hutomo, Prasetyo, Wahyuni Maria. Hubungan Pola Makan dan Faktor Genetik Terhadap Kejadian Hipertensi di Puskesmas Mandai Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis.Vol.12(5),491-494.2018.

. Wahyuni , Tri Susilowati. Pola Makan dan Jenis Kelamin dan Hubungan Pengetahuan Terhadap Kejadian Hipertensi di Kalurahan Sambung Macan Sragen. GASTER.Vol.XVI.(1). 2018.

. Jannah, M., Nurhasanah, Nur, A. ., & Sartika, R. A. Analisis faktor penyebab kejadian hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Mangasa Kecamatan Tamalate Makassar. Jurnal PENA, 3(1), 1–12.2017.

. Alfinatin. Hubungan Berat Badan yang Berlebih dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Lansia di Dssa Gambiran RT 38 RW 10 Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta:Kebidanan stikes aisyiyah Yogyakarta.2007.

. Pitriani, Risa. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Hipertensi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Rumbai Pesisir. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes. Vol.9(1).2018.

. Delmi, Sulastri, Elmatris, Rahmi Ramadhani. Hubungan Obesitas dengan Kejadian Hipertensi pada Masyarakat Etnik Minangkabau di Kota Padang. Artikel Penelitian, 2012.

. M. Yogiantoro. Pendekatan Klinis Hipertensi: Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, Edisi Keenam Jilid II. Interna Publishing:Jakarta;2014.

. Wowor, Pratiwi N., Nancy S. H. Malonda, Shane H. R. Ticoalu. Hubungan antara Kebiasaan Merokok dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Tompaso Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa. Jurnal Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Baiturrahmah Medical Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.