HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI DOKTER DAN DOKTER GIGI DENGAN LOYALITAS PASIEN

Yashinta Octavian Setyanda, Rizanda Machmud, Abdi Setya Putra

Abstract


Era globalisasi telah menciptakan tantangan bagi semua jenis industri untuk berkompetisi, termasuk industri rumah sakit. Pembentukan hubungan yang kuat dengan pelanggan hingga terciptanya loyalitas merupakan faktor kunci bagi rumah sakit untuk dapat meningkatkan market share dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Menurut beberapa literatur, loyalitas pelanggan rumah sakit dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya komunikasi dokter. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis hubungan kualitas komunikasi dokter dengan loyalitas pasien di ruang rawat inap RS Izza Cikampek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat analitik dengan desain penelitian berupa cross sectional kepada 400 orang pasien.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas komunikasi dokter dengan loyalitas pasien di RS Izza Cikampek (p=0,000, OR=9,503). Oleh sebab itu sangat penting bagi manajemen untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas komunikasi dokter agar dapat menyelesaikan masalah penurunan  loyalitas pasien terhadap rumah sakit tersebut.

Keywords


Komunikasi dokter dan dokter gigi; Loyalitas Pasien; RS Izza Cikampek

References


What do you really know about patient loyalty? [press release]. Becker’s Hospital Review2017.

Utari Uleng. Hubungan Pengalaman Pasien dengan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim. 2018;1.

Fibroblast. Patient Leakage: A New Survey Highlights High Costs, Limited Control. 2018.

Arab M., Tabatabaei S. G., Rashidian A., Forushani A. R., Zarei E. The Effect of Service Quality on Patient loyalty: a Study

of Private Hospitals in Tehran, Iran. Iran J Public Health. 2012;41(9):71-7.

Rogg J. G., Rubin J. T., Hansen P., Liu S. W. The frequency and cost of redundant laboratory testing for transferred ED

patients. Am J Emerg Med. 2013;31(7):1121-3.

Aliah. Analisis perbedaan karakteristik sosial ekonomi terhadap persepsi kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Inap RSUD

Labuang Baji Makassar: Universitas Hasanuddin; 2010.

Unal O., Akbolat M., Amarat M. The influence of patient-physician communication on physician loyalty and hospital loyalty of the patient. Pak J Med Sci. 2018;34(4):999-1003.

Astuti Herni Justiana. Patient Loyalty to Healthcare Organizations: Relationship Marketing and Satisfaction International Journal of Management and Marketing Research. 2014;7(2):39-56.

Consumerism: Earning Patient Loyalty and Market Share [press release]. Press Ganey Associates, Inc2015.

Caresya Galdhisia Devita, Meilawaty Zahara, Hadnyanawati Hestieyonini. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dokter Gigi-Pasien terhadap Tingkat Kepuasan di Poli Gigi Puskesmas Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan. 2016;3(3).

Hitawala Asif, Flores Monica, Alomari Mohammad, Kumar Sany, Padbidri Vinay. Improving Physician-patient and Physiciannurse Communication and Overall Satisfaction Rates: A Quality Improvement Project. Cureus. 2020;12(4).

Ha Jennifer Fong, Longnecker Nancy. Doctor-Patient Communication: A Review. Oschner J. 2010;10(1):38-43.

Qotimah AK. Hubungan antara Tingkat Kepuasaan terhadap Pelayanan Tenaga Dokter dan Perawat dengan Loyalitas Pasien

Jamkesmas di Instalasi Rawat Inap RSUD Kalisat Jember. Jember: Universitas Jember; 2008.

CMS. HCAHPS: Patients' Perspectives of Care Survey. Centers for Medicare and Medicaid Service; 2020.

Hurriyati Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha; 2015.

Tjiptono Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi 3 ed. Yogyakarta: ANDI; 2008.

Supriyanto S, Ernawaty. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: ANDI; 2010.

Ariadi. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Semarang: Universitas

Diponegoro; 2010.

Fatmawati Tati, Susanto. Pengaruh Mutu Pelayanan Dokter Terhadap Loyalitas Pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah

Bantul. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2016;5(2):150-6.

Adnan IZ. Membangun loyalitas pasien melalui peningkatan efektivitas komunikasi dokter-pasien. Jurnal Ilmu Komunikasi.

;1(2):11-26.

Sari Multia Ranum, Ardiwirastuti Ilvana, Harviandani Berliana Septy. Hubungan Kepuasan Pasien dengan Loyalitas Pasien di

RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Jurnal Wiyata. 2020;7(1).

Mirnawati. Hubungan komunikasi interpersonal Perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang cempaka RSUD AW Sjahranie Samarinda. E-Journal Psikologi. 2014;2(1):44-52.




DOI: https://doi.org/10.33854/jbd.v7i2.594

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.33854/jbd.v7i2.594.g276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 B-Dent: Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.