FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA CO-ASS TERHADAP DESAIN TATA LETAK RUANG RSGM FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG

Satria Yandi, Bambang Priyono, Niken Widyanti Sriyono

Abstract


Latar Belakang Desain tata letak ruang RSGM yang baik dan nyaman akan mempengaruhi kepuasan pelanggannya, baik pelanggan internal dan pelanggan eksternal. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan atau bersifat multifaktorial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa Co-Ass terhadap desain tata letak ruang RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah, Padang. Metode Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian berjumlah 100 orang mahasiswa Co-Ass yang memenuhi kriteria inklusi dan bekerja aktif selama periode September 2014 sampai dengan Maret 2015 yang diambil secara total sampling. Desain tata ruang RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah, Padang merupakan variabel pengaruh yang diukur melalui acces, security, understanding customer dan kepuasan mahasiswa Co-Ass. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert dan Semantic Differentials, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil Penelitian analisis regresi berganda menunjukkan bahwa security (p = 0.535) tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Co-Ass. Variabel acces (p = 0.000) dan understanding customer (p = 0.010) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Co-Ass sebesar 41,9% (R2 = 0.419). Kontribusi paling besar pada variabel acces 83,3% (partial eta square = 0.833) dan understanding customer 62,8% (partial eta square = 0.628). Kesimpulannya 1) Acces dan understanding customer berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Co-Ass; 2) Semakin baik acces dan understanding customer maka semakin tinggi kepuasan mahasiswa Co-Ass; 3) Security tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Co-Ass; 4) Kepuasan mahasiswa Co-Ass terhadap desain tata ruang RSGM terbesar dipengaruhi oleh acces.

Keywords


Kepuasan Pelanggan; Desain Tata Letak Ruang; RSGM

Full Text:

PDF

References


Patel M., Patel N., 2007, Dental Public Health – A Premier, Radcliffe Publishing, Oxford Seattle, hal. 1-6.

Litbangkes, 2011, Laporan Akhir Riset Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, hal. 25-62.

Universitas Baiturrahmah, 2013, Buku Pedoman Universitas Baiturrahmah, Baiturramah University Press, Padang.

Tim Kurikulum FKG Unbrah, 2013, Buku Pedoman Kepaniteraan Klinik, Baiturrahmah University Press, Padang.

Muninjaya A.A.G., 2011, Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta, hal. 1-21.

Ariani D. W., 2009, Manajemen Operasi Jasa, Graha Ilmu, Candi Gebang, Yogyakarta, hal. 178-306.

Kosterman, 2009, Desain Tata Letak Penempatan Alat Kedokteran Gigi, Bagian Ilmu dan Teknologi Kedokteran Gigi FKG Universitas Padjadjaran, Bandung.

Koetler P., Keller P. L., 2012, Marketing Management, 14th Ed, Pearson Education, Inc, New Jersey, hal. 9-12.

Pohan I. S., 2007, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta, hal. 1-210.

Jasfar F., 2009, Manajemen Jasa-Pendekatan Terpadu, Ghalia Indonesia, Ciawi, Bogor, hal. 47-66.

Tjiptono F., 2009, Service Marketing : Esensi dan Aplikasi, Marknesis, Karangwaru, Yogyakarta, hal. 87-102; 245-278.

Arikunto S., 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT Asdi Mahasatya, Jakarta, hal. 74-92; 245.

Pratiknya A. W., 2007, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, hal. 14.

Sunyoto D., 2012, Validitas dan Reliabilitas, Nuha Medika, Yogyakarta, hal. 1-84.

Dahlan M. S., 2013, Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan. Salemba Medika, Jakarta.

Sukoco B. M., 2007, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Erlangga, Jakarta.

Chiara J. D., Callender J. H., 2001, Time Saver Standarts for Building Types. McGraw-Hill Companies, United State, America, hal. 414-430.

Aditama T. J., 2010, Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Universitas Indonesia Press, Salemba, Jakarta, hal. 1-218.

Suharno N., Shihab M. S., 2012, Pengaruh Dimensi Reliabilitas, Dimensi Tangibel dan Dimensi Empati Terhadap Loyalitas Pasien, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 10, No 19.




DOI: https://doi.org/10.33854/JBDjbd.41

DOI (PDF): https://doi.org/10.33854/jbd.v2i1.41.g30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah