PENATALAKSANAAN FISTULA ORONASAL MENGGUNAKAN TEKNIK PEDICLE ROTATIONAL FLAP DAN AUTOGRAFT DARI SIMPHISIS MANDIBULA

Andries Pascawinata, Masykur Rahmat

Abstract


Pendahuluan : celah alveolar (gnatoschisis) merupakan salah satu molformasi kongenital yang terjadi pada struktur mulut dan wajah. Banyak permasalahan dapat terjadi bila penyakit ini tidak dilakukan perawatan seperti ketidakstabilan struktur tulang maksila, dukungan skletal yang kurang pada dasar hidung, fistula oronasal yang berulang, dukungan periodontal yang kurang sehingga terjadi retensi makanan dan diastema antara gigi dan region celah atau insisivus yang tidak erupsi. Tujuan: Melaporkan sebuah kasus penatalaksanaan fistula oronasal. Kasus dan penatalaksanaan : Seorang wanita berusia 43 tahun mengeluhkan celah pada gusinya yang berlokasi antara insisivus sentral dan insisivus lateral maksila kiri. Celah tersebut membuat makanan selalu masuk pada rongga hidung. Pasien pernah dilakukan operasi sebelumnya untuk penutupan celah bibir dan langit-langit. Pemeriksaan intra oral menunjukkan terdapat sebuah fistula oronasal pada bagian vestibulum pada regio 21 dan 22. Penatalaksanaan dari kasus ini adalah penutupan oronasal fistula pada vestibulum menggunakan teknik pedicle rotational flap dan autograft dari tulang simphisis mandibula. bedahan. Simpulan : Hasil perawatan menunjukkan penyembuhan dan tidak terdapatnya keluhan setelah perawatan. Pemeriksaan radigrafi menunjukkan terjadinya penyatuan antara tulang dan bonegraft pada darah alveolar regio 21 dan 22.

Keywords


fistula oronasal; flap; autograft

Full Text:

PDF

References


Sadhu, P., 2009, Oronasal Fistula In Cleft Palate Surgery, Indian J Plast Surg, 42:S123-S128

Pasaribu, T., 2002, Pengaruh Lebar Celah Terhadap Terjadinya Fistula Oro Nasal Pasca Palatoplasti dengan Metode Push Back, KTI, FKG UNPAD.

Eberlinc, A., Kozelj, V., 2012, Incedence of Residual Oronasal Fistula: A 20-Years Experience, The Cleft Palate-Craniofacial Journal 49 (6): 643-48.

Milloro, M., 2004, Petersons Principle of Oral and Maxillofacial Surgery, Second edition, London.

Zipfel, G.J., Guiot, B.H., Fessle, R.G., 2003, Bone Graft Physiology, Neurosurg Focus 14 (2):8.

Elshall, M.A., Alveolar cleft, faculty.ksu.edu.sa/.../Conferences%20.Presentation. diakses 27 mei 2013.

Hung,N.N., 2013, Basic Konwledge of Bone Grafting, www.intechopen.com




DOI: https://doi.org/10.33854/jbd.v5i2.158

DOI (PDF): https://doi.org/10.33854/jbd.v5i2.158.g103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.