ANALISIS KOMPARATIF SEBAGAI PENENTU SWOT PADA RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT BAITURRAHMAH PADANG

Hanim Khalida Zia, Rima Semiarty, Ratni Prima Lita

Abstract


Pada tahun 2017 pendapatan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang meningkat 5,8% dan pada tahun 2018 pendapatan menurun sebanyak 23,5%. Situasi perkembangan zaman yang selalu berubah-ubah dapat menjadikan peluang peningkatan usaha atau bahkan menjadi ancaman bagi rumah sakit. Salah satu upaya untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat bagi rumah sakit adalah dengan analisis SWOT. Analisis SWOT dapat dimulai dengan memahami strengths (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan) pada aspek internal serta mengenali opportunities (peluang) dan threats (ancaman) yang terkandung dalam lingkungan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis komparatif sebagai penentu SWOT pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang. Jenis penelitian adalah kualitatif. Informan terdiri dari Pemilik, Direktur, Wakil Direktur, Karyawan, Mahasiswa, Pasien dan Masyarakat yang tinggal di sekitar Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utamanya yaitu memiliki izin operasional RSGM. Kelemahan utamanya yaitu belum terakreditasi. Peluang utamanya yaitu perkembangan teknologi yang semakin maju. Sedangkan, ancaman utamanya yaitu media sosial sehingga promosi pesaing lebih gencar.


Keywords


Analisis SWOT; Strategi Pemasaran; Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang

References


Aslan I, Cinar O, Ozen U. Developing Strategies for the Future of Healthcare in Turkey by Benchmarking and SWOT Analysis. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 2014;150:230-240.

Satori D, Komariah A. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta; 2010.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1173 Tahun 2004 Tentang Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Jakarta

Soemarsono. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat. 2002.

Trihono. ARRIMES Manajemen Puskesmas. Jakarta: CV. Sagung Seto. 2005:8-84.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 Tentang Dosen

Hasan, A. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS. 2013.

Nugroho, M.A. Analisis SWOT pada RSUD Saras Husada Purworejo. Tugas Akhir. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. 2015.

Bruhn, M. Relationship Marketing: Management of Customer Relationships, Prentice Hall, England. 2003.

Flew, T. New Media: An Introduction (2nd. Edition). New York: Oxford University Press. 2005.




DOI: https://doi.org/10.33854/jbd.v6i1.125

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.33854/jbd.v6i1.125.g170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.