EFEKTIVITAS PROGRAM GO LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA 2021 FKG UNBRAH MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hui, D.S.,I Azhar, E.,Madani, T.A.,Ntoumi, F.,Kock, R.,Dar, O.,dkk. (2020) ‘The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health — The latest 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China’, International Journal of Infectious Diseases, 91, pp. 264–266. doi: 10.1016/j.ijid.2020.01.009.
Amri, A. (2020) ‘DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA 1 . Latar Belakang Koperasi dan UMKM merupakan jenis usaha yang memiliki peran penting dalam peningkatan PDB ( Pendapatan Domestik Bruto ) satu negara khususnya di Indonesia dengan menghadapi Era Industri 4 . 0 .’, 2(1).
Mendikbud (2020) ‘Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease(COVID-19)’, surat edaran dari kemetrian RI, 5(2020), pp. 2013– 2015.
Abidin, Z., Hudaya, A. dan Anjani, D. (2020) ‘Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19’, Research and Development Journal of Education, 1(1), p. 131. doi: 10.30998/rdje.v1i1.765
Sicat, A. S. dan Ed, M. (2015) ‘Enhancing College Students’ Proficiency in Business Writing Via Schoology’, International Journal of Education and Research, 3(1), pp. 159–178. Available at: www.learnnc.org,.
Indiani, B. (2020) ‘Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan media daring pada masa pandemi COVID-19’, Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(3), pp. 227–232.
Zunaidi, A., Rahmah, R. dan Salsabila, S. (2021) ‘Meningkatkan Motivasi Akademis Selama Pandemi pada Mahasiswa Baru Fakultas FEBI IAIN Kediri’, Dedikasi, 2(3), pp. 337–344.
Sari, I. (2018) ‘Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris’, Manajemen Tools, 9(1), pp. 41–52.
Pahriji, I. A. (2021) ‘Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi’, Jurnal Citra Pendidikan, 1(3), pp. 380–387.
Nurhabibah, S. (2021) ‘Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD UNDANA Pada Pembelajaran Daring (Study From Home) Menggunakan Aplikasi Google Classroom di Masa Pandemi COVID-19’, Journal of Character and Elementary …, 1(1).
Masnur dan Ismail. (2021) 'Efektivitas E- Learning Edmodo dan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Enrekang' , Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), pp 163169
Sobri, M. (2013) ‘Efektivitas Pembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan Konvensional Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bina Darma Palembang)’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689– 1699.
Adriansyah dan Tasril E. (2021). 'Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi “Studi Kasus MAS TI Canduang dengan Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom”' Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), pp. 10–15.
Nur, M.,Utomo, Y.,Sudaryanto, M., dan Saddhono, K. (2020). 'Tools and Strategy for Distance Learning to Respond COVID-19 Pandemic in Indonesia' Journal International Information and EngineeringTechnology Association, 25(3), pp. 383-390.
Setiawan, T. H. dan Aden (2020) ‘Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), pp. 493–506.
Ravianto 2014. Produktivitas dan Pengukuran. Jakarta: Binaman Aksara
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D.17th ed. Bandung: Alfabeta.
Habibillah, P., Zaini, M. dan Ngadhimah, M. (2021) ‘Pengaruh E-Learning dan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung’, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), pp. 739–756.
Del Fatto, V., Dodero, G. dan Gennari, R. (2016) ‘How measuring student performances allows for measuring blended extreme apprenticeship for learning Bash
programming’, Computers in Human Behavior, 55, pp. 1231–1240.
Hamzah, A. A., Syarief, A. dan Mustikadara,
I. S. (2013) ‘Analisis Kualitatif Tampilan Visual Pada Situs E-Learning’, ITB Journal of Visual Art and Design, 5(2), pp. 176–194.
Herawati, E. dan Irama (2021) ‘Jurnal Pendidikan Islam’, Manusia Dalam prespektif agama islam, 7(September), pp. 2086–9118.
Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). The Impact of Covid19 Pandemics on the Utilization of E Learning. Dimensi, 9(2), 307–322.
Lagili, I. L., Moonti, U. dan Mahmud, M. (2019) ‘Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo’,
Haq Azhar (2018) ‘Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi’, Jurnal Pendidikan Islam Victratina, 3(1), pp. 193–214.
Dauyah, E. dan Yulinar, Y. (2018) ‘Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswanon-Pendidikan Bahasa Inggris’, Jurnal Serambi Ilmu, 30(2),
p. 196. Syarwanda, R. dan Kamil, H. (2019) ‘Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 4(2), pp. 64–72. Available at: http://www.jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/vie w/12659/5373.
Mustamin, H. dan Sulasteri, S. (2010) ‘Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar’, Jurnal Matematika dan Pembelajaran (Mapan), 1(1), pp. 151– 177.
Inah, E. N. dan Khairunnisa, A. (2019) ‘Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi’, Al-TA’DIB, 12(1), p. 36.
Usman, O. dan Tasya, S. (2020) ‘The Effect of E-Learning, Learning Style, and Learning Interest on Student’s Learning Motivation’, SSRN Electronic Journal, (1).
DOI: https://doi.org/10.33854/jbd.v9i2.1194
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.33854/jbd.v9i2.1194.g450
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 michel utomo lauda, Yulia Rahmad, Utmi Arma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.