Gambaran Motivasi Strategi Pembelajaran Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Ilham Fahrul Arrazi, Resti Rahmadika Akbar, Fidiariani Sjaaf

Abstract


Latar Belakang: Motivasi berhubungan positif dengan strategi pembelajaran. Motivasi dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dikelompokkan menjadi dua yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Beberapa penelitian menyebutkan hubungan positif antara motivasi dan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat gambaran motivasi strategi pembelajaran mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Metode penelitian yaitu deskriptif cross sectional. Metode: Penelitian menggunakan data primer dengan kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dibagikan melalui google form. Populasi penelitian merupakan mahasiswa semester akhir tahap akademik sebanyak 149 mahasiswa, dengan teknik pengumpulan sampel yaitu total sampling.  Hasil: Analisis data univariat ditampilkan dalam bentuk tabel distribudi frekuensi menggunakan SPSS 24.0. Hasil dari 95 responden, 83 mahasiswa tinggal di kontrakan/kos, berdasarkan jenis kelamin lebih banyak perempuan 76 (80%) mahasiswa, berdasarkan motivasi strategi pembelajaran 69 mahasiswa (72,6%) motivasi tinggi,  21 mahasiswa (22.1%) motivasi sedang, 5 mahasiswa (5.3%) motivasi rendah. Reliabilitas kuesioner dengan Cronbach’s Alpha 0,978. Kesimpulannya gambaran motivasi mahasiswa tahun akhir Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah menunjukkan motivasi tinggi.


Keywords


mahasiswa kedokteran, motivasi, strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Sanusi R, Hadianto T. Klinik Dan Motivasi Belajar Pada Suatu Program Studi. 2017;6(3):185-193.

Lijun Y. The Investigation of Learning Motivation and Strategy in the Normal Undergraduates. Cross-Cultural Commun. 2011;7(3):126-131. doi:10.3968/j.ccc.1923670020110703.180

Chow CW, Chapman E. Construct Validation of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire in a Singapore High School Sample. 2017;7(2):107-123. doi:10.5539/jedp.v7n2p107

Carolin. Gambaran Tingkat Stres Pada Mahasiswa Pendidikan Sarjana Kedokteran. 2001:7-37.

Park J, Chung S, An H, Park S. A Structural Model of Stress , Motivation , and Academic Performance in Medical Students. 2012;(May 2014). doi:10.4306/pi.2012.9.2.143

Legault L. Intrinsic and Extrinsic Motivation. 2017;(October). doi:10.1007/978-3-319-28099-8

7. Duncan T, Mckeachie WJ. A Manual for the Use of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire ( MSLQ ). 2015;(August).

Duncan T, pintrich paul, smith david, Mckeachie W. Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) Manual.; 2015. doi:10.13140/RG.2.1.2547.6968

Yousefy A, Ghassemi G, Firouznia S. Motivation and academic achievement in medical students. 2012;1(March):4-7. doi:10.4103/2277-9531.94412

Sanusi R, Hadianto T. Klinik Dan Motivasi Belajar Pada Suatu Program Studi. 2017;6(3):185-193.

Lijun Y. The Investigation of Learning Motivation and Strategy in the Normal Undergraduates. Cross-Cultural Commun. 2011;7(3):126-131. doi:10.3968/j.ccc.1923670020110703.180

Chow CW, Chapman E. Construct Validation of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire in a Singapore High School Sample. 2017;7(2):107-123. doi:10.5539/jedp.v7n2p107

Park J, Chung S, An H, Park S. A Structural Model of Stress , Motivation , and Academic Performance in Medical Students. 2012;(May 2014). doi:10.4306/pi.2012.9.2.143.




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v2i1.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.