Hubungan PHBS dengan Kejadian Diare pada Anak Usia Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Khalipah

Maestro Bina Utama Simanjuntak, Ivonne Ruth Situmeang, Paul Lumbantobing

Abstract


Pendahuluan: Diare masih menjadi salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian yang terjadi hampir di seluruh dunia. Kemenkes RI mengatakan bahwa penderita diare tercatat pada Profil Kesehatan Indonesia tahun 2019 sebesar 2.549 orang. Kemudian, di Kabupaten Deli Serdang sendiri terdapat kasus sebanyak 15.185 orang. Terjadinya diare disebabkan oleh minimnya berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Tujuan penelitian: Untuk mengetahui pengaruh PHBS dalam pencegahan diare pada anak usia sekolah di wilayah kerja Puskesmas Bandar Khalifa. Metode: Cross sectional study dengan pendekatan metode survei analitik. Populasi sampel sebesar 115 dengan perolehan jumlah sampel sebesar 89 responden. Analisis data dilakukan dengan Chi Square. Hasil: Terdapat hubungan signifikan antara PHBS dengan kejadian diare pada anak usia sekolah di wilayah kerja Puskesmas Bandar Khalifah (p value= 0,000). Frekuensi sampel yang mengalami diare sebanyak 47 sampel, ditunjukkan dengan sebanyak 48 sampel masuk dalam kategori jarang melakukan PHBS.  Kesimpulan: Tingginya frekuensi kejadian diare disebabkan oleh meningkatnya faktor risiko, seperti kurangnya kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah BAB.


Keywords


Anak usia sekolah, Cross sectional study, Diare, Faktor risiko, PHBS

Full Text:

PDF

References


Irianty, H., Hayati, R., Riza, Y. (2018). Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Kejadian Diare Pada Balita. Artikel I, 8(1). http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/pjkm

Jannah, L. (2019). Hubungan Antara Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga Dengan Kejadian Diare Pada Balita. (Vol. 4, Issue 1).

Apriani, Y., Gede, D., Made, D., Sastra Putri, F., Widiasari, N. S., Advaita, S., Tabanan, M., & Corresponding, I. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Diare Pada Balita di Kelurahan Baler Bale Agung Kabupaten Jembrana Tahun 2021. Journal of Health and Medical Science, 1(3). https://pusdikra-publishing.com/index.php/jkes/home

Ibrahim, I., Ayu D. S. R., Astika, E. P. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia, 2.

Kemenkes RI. (2011). Buletin-Diare. Situasi Diare di Indonesia.

Siagian, D. (2022). Determinan Kejadian Diare Pada Anak Sekolah Dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Rawang Pasar Iv Tahun 2021. Public Health Journal, 8(2).

Nurul, L., Awalia Y., Yusroh, F., Nia, Y. I., Rosady, S. S. (2017). Studi Pendidikan Dokter, P., Kedokteran, F., Islam Bandung, U., Ilmu Kesehatan Masyarakat, D., Ilmu Kesehatan Anak, D., & Al-Ihsan Provinsi Jawa Barat, R. (2019). Artikel Penelitian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Serta Diare Akut di Smp Plus Pesantren Baiturrahman Bandung. http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/jiks

Afany, N., & Rasyid, R. (2017). Hubungan Pengetahuan Mencuci Tangan dengan Kejadian Diare pada Siswa Kelas IV. http://jurnal.fk.unand.ac.id

Wati, F., & Handayani, L. (2018). Hubungan Personal Hygiene dan Sanitasi Makanan Dengan Kejadian Diare Pada Balita di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v6i1.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.