Hubungan Persepsi Lingkungan Belajar dan Empati pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret

Firdaus Lazuardi, Dian Nugroho, Bulan Kakanita Hermasari

Abstract


Pendahuluan: Empati merupakan sesuatu yang sangat penting dimiliki oleh seorang dokter karena dapat membantu dalam membangun komunikasi dengan pasien. Empati dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya lingkungan belajar. Beberapa penelitian telah menunjukkan terdapat hubungan antara empati dan lingkungan belajar. Akan tetapi, belum ada penelitian serupa yang dilakukan di Fakultas Kedokteran UNS.Tujuan penelitian: Untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi lingkungan belajar dan empati yang dimiliki mahasiswa kedokteran UNS. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dimana sampel terdiri dari mahasiswa kedokteran FK UNS angkatan 2018, 2019, dan 2020 yang diperoleh dengan cara stratified random sampling dan dihitung dengan Rumus Slovin pada bulan Agustus hingga November 2021. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner DREEM dan JSPE-S. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi lingkungan belajar dan empati pada mahasiswa kedokteran FK UNS dengan kekuatan korelasi lemah. Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman Rank didapatkan nilai korelasi (p) sebesar 0,001 (α = 0,05). Selain itu, aspek lingkungan belajar yang memiliki hubungan signifikan dengan empati mahasiswa adalah Learning, Teachers, Academic, dan Atmosphere. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi lingkungan belajar dan empati mahasiswa kedokteran FK UNS.


Keywords


Lingkungan Belajar, Empati, DREEM, JSPE-S

Full Text:

PDF

References


. Quince T, Thiemann P, Benson J, Hyde S. Undergraduate medical students’ empathy: Current perspectives. Adv Med Educ Pract. 2016;7:443–55.

. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. BUKU PEDOMAN PROGRAM STUDI KEDOKTERAN - FAKULTAS KEDOKTERAN TAHUN AKADEMIK 2017 – 2018 [Internet]. Surakarta: Fakultas Kedokteran UNS; 2018. Available from: https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=www.fkep.unpad.ac.id/PedomanMagister.docx

. Kedokteran Indonesia K. STANDAR KOMPETENSI DOKTER INDONESIA. 2nd ed. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia; 2012. 1–90 p.

. Sihombing NR, Armyanti I, Wicaksono A. Tingkat empati mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. 2018;48(4):197–207.

. Selina C, Sari MI. Perbedaan Tingkat Empati antar Tingkat Pendidikan Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Empathy Difference between Educational Levels of Clerkship Medical Student in Medical Faculty of Lampung University. 2021;11(April):37–42.

. Besmaya BM, Probandari AN, Boy A, Randita T, Kedokteran F, Maret US. Perbedaan Persepsi Lingkungan Belajar Mahasiswa Achiever dan Underachiever Program Studi Kedokteran FK UNS. Nexus Pendidik Kedokt dan Kesehat. 2015;4(1):31–45.

. Nur’ilma AP. Hubungan antara Resiliensi, Kualitas Hidup dan Lingkungan Belajar Mahasiswa Kedokteran. 2019;73.

. Dyrbye LN, Satele D, West CP. Association of Characteristics of the Learning Environment and US Medical Student Burnout, Empathy, and Career Regret. JAMA Netw open [Internet]. 2021 Aug 2;4(8):e2119110–e2119110. Available from: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/34369990

. O’Tuathaigh CMP, Idris AN, Duggan E, Costa P, Costa MJ. Medical students’ empathy and attitudes towards professionalism: Relationship with personality, specialty preference and medical programme. PLoS One. 2019;14(5):1–15.

. Santos MA, Grosseman S, Morelli TC, Giuliano ICB, Erdmann TR. Empathy differences by gender and specialty preference in medical students: a study in Brazil. Int J Med Educ. 2016;7:149–53.

. Hojat M, DeSantis J, Shannon SC, Speicher MR, Bragan L, Calabrese LH. Empathy as related to gender, age, race and ethnicity, academic background and career interest: A nationwide study of osteopathic medical students in the United States. Med Educ. 2020;54(6):571–81.

. M Jeffri, D Anggraini, M Oktora. Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Penilaian Pembelajaran Skills Lab Secara Daring pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang. Scientific Journal 2022. 1 (1), 36-45

. Akgün Ö, Akdeniz M, Kavukcu E, Avcı HH. Medical Students’ Empathy Level Differences by Medical Year, Gender, and Specialty Interest in Akdeniz University. J Med Educ Curric Dev. 2020;7:238212052094065.

. Rueckert L, Naybar N. Gender differences in empathy: The role of the right hemisphere. Brain Cogn. 2008;67(2):162–7.

. Pohontsch NJ, Stark A, Ehrhardt M, Kötter T, Scherer M. Pohontsch et al., 2018, Influences on students empathy in med ed - an exploratory interview study with med students in their third and last year.pdf. BMC Med Educ. 2018;18(231):1–9.

. Hamed OAE, Alahwal AMS, Basri AHA, Bukhari BM, Hamed OAE, Shaheen AM, et al. Factors influencing nursing students’ empathy. Korean Journal Of Medical Education [revista en Internet] 2018 [acceso 08 de mayo de 2019]; 30(3): 229-2236. Int J Educ Res [Internet]. 2018;28(3):727–40. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6127609/pdf/kjme-2018-97.pdf%0Awww.ijern.com

. Ahmadian Yazdi N, Bigdeli S, Soltani Arabshahi SK, Ghaffarifar S. The influence of role-modeling on clinical empathy of medical interns: A qualitative study. J Adv Med Educ Prof [Internet]. 2019;7(1):35–41. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30697547%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC6341453

. Seeberger A, Lönn A, Hult H, Weurlandera M, Wernerson A. Can empathy be preserved in medical education ? 2020;83–9.

. Veerapen K, McAleer S. Students’ perception of the learning environment in a distributed medical programme. Med Educ Online. 2010;15(9):1–10.

. Huang L, Thai J, Zhong Y, Peng H, Koran J, Zhao XD. The positive association between empathy and self-esteem in chinese medical students: A multi-institutional study. Front Psychol. 2019;10(AUG):1–9.

. Yazdi NA, Arabshahi KS, Bigdeli S, Ghaffarifar S. Challenges in promoting clinical empathy skills in medical students: A content analysis study. Med J Islam Repub Iran. 2019;33(1):




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v5i2.1079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.