Determinants of Patient Characteristics With Satisfaction Level of Outpatients Regarding Pharmaceutical Services in Pharmaceutical Installations of Rumah Sakit Umum Daerah Banten

Gina Aulia, Humaira Fadhilah, Fenita Purnama Sari Indah, Rita Dwi Pratiwi

Abstract


Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan berbeda-beda dan dipengaruhi oleh budaya, status sosial ekonomi, karakteristik pasien. Pasien atau pelanggan memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan karakteristik tersebut akan berakibat pada persepsi yang berbeda pula terhadap penilaian pelayanan kesehatan, sehingga pada akhirnya memberikan tingkat kepuasan yang berbeda pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dari jenis kelamin, umur, pendidikan, dan pekerjaan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan pada pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dan menyebarkan kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden sebagian besar berjenis kelamin perempuan berjumlah 59 responden (59%), mayoritas berusia dewasa (26-45 tahun) berjumlah 47 responden (47%), mayoritas pendidikan SMA berjumlah 43 responden (43%) dengan mayoritas pekerjaan yaitu bekerja sebanyak 48 responden (48%). Analisis bivariat menunjukkan bahwa hubungan antara jenis kelamin (p-value = 0.028) dan pendidikan (p-value = 0.021) dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan adalah signifikan, sedangkan hubungan antara usia (p-value = 0.201) dan pekerjaan (p-value = 0.547) dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan adalah tidak signifikan.


Keywords


Karakteristik Pasien, Kepuasan, Pelayananan Kefarmasian, Instalasi Farmasi

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. 2009. Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 51 Tahun 2019 Tentang pekerjaan kefarmasian. Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Daulay, M.A. 2015. Tingkat kepuasan Pasien Rawat jalan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di dua Puskesmas dikota Medan. Skripsi, fakultas farmasi,Universitas Sumatera Utara.

National Council on Aging. Elder abuse statistics Suciningrum, T. 2004. Hubungan Karakteristik Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Inap RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Mulyani R. 2014. Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Gizi di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan. Vol 10(2). Hal 231-239.

Putri, N. 2017. Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di Instalasi Farmasi satelit rawat jalan rumah sakit umum daerah Cilacap. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sangadji, dkk. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.

Syamsudin, M. 2020. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Rumah Sakit Kristen Mojowarno. Skripsi. Sidoarjo: STIKes Rumah Sakit Anwar Medika.

Depkes RI. 2009. Kasifikasi Umur Menurut Kategori. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Oroh, M. E., Rompas, S., & Pondaag, L. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di ruang interna RSUD Noongan. Jurnalkeperawatan, 2(2).

.Yuniar. 2016. Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia. Vol 6(1). Hal. 39-48.

Muhammad, D, dkk. 2020. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. Vol 4(2). Hal 174-186.

Hayuningsih S, dkk. 2018. Hubungan Antara Karakteristik Pasien Terhadap Kepuasan Pasien (Aspek Tangibles) Pada Pelayanan Antenatal Care di Rumah Bersalin Citra Lestari Pabuaran Bojonggede Bogor Jawa Barat. Public Health Symposium 3rd. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.33854/heme.v4i2.1072

DOI (PDF): https://doi.org/10.33854/heme.v4i2.1072.g404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License   Health and Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.