Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Tujuan Penerbitan Jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pelayanan publik.

Baiturrahmah untuk Negeri secara khusus menitikberatkan pada permasalahan pokok dalam pengembangan ilmu pelayanan publik sebagai berikut:
1.    Kesehatan Masyarakat;
2.    Pengabdian Masyarakat;
3.    Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna;
4.    Pemberdayaan Masyarakat, Akses Sosial;
5.    Pengembangan Daerah;
6.    Pendidikan yang Berkelanjutan;

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap teks yang diterima akan melalui proses review oleh reviewer penanggung jawab. Keputusan naskah akan diketahui oleh penulis maksimal 4 minggu setelah teks diterima oleh editor

 

Frekuensi Penerbitan

Baiturrahmah untuk Negeri diterbitkan dua kali setahun (April dan Oktober). Setiap nomor terbitan (issue) minimal 5 (lima) judul artikel

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Etika Publikasi

Jurnal Baiturrahmah untuk Negeri mengacu pada Komite Etika Publikasi (KODEKI) dalam hal-hal yang berkaitan dengan etika publikasi, khususnya Protokol Penelitian dan kesalahan publikasi. Heme mengadopsi KODEKI untuk mengikuti standar etika tinggi yang ditujukan untuk editor, penulis, dan mitra Bestari. Penerbit tidak berhak mengganggu integritas konten dan bertanggung jawab penuh atas publikasi berkala dan tepat waktu.

Untuk Editor

  1. Editor bertanggung jawab atas setiap manuskrip/manuskrip yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan dan Medis
  2. Redaksi harus memastikan bahwa setiap penulis mengikuti aturan penulisan di Jurnal Kesehatan dan Kedokteran.
  3. Para editor dapat mengomunikasikan keputusan akhir dengan Manajer Jurnal, editor lain, dan mitra Bestari.
  4. Redaksi dalam memberikan penilaian naskah harus dilakukan secara objektif tanpa melihat aspek kebangsaan, suku, afiliasi politik, suku, kebangsaan, agama, jenis kelamin, senioritas, atau afiliasi institusional penulis.
  5. Editor harus menolak tugas ketika kepentingan editor mungkin bertentangan
  6. Redaksi harus memastikan bahwa naskah yang dikirim ke mitra Bestari tidak mengandung informasi tentang penulis, dan sebaliknya.
  7. Keputusan editor harus diserahkan kepada penulis dengan tanggapan Bestari dari mitra, kecuali untuk tanggapan pribadi atau fitnah.
  8. Editor harus menghargai permintaan dari penulis yang menolak individu untuk mengevaluasi naskahnya selama alasannya dapat diterima.
  9. Jika Redaksi menemukan atau mencurigai suatu tindakan pelanggaran. Penulis, editor dapat mengikuti pedoman dalam diagram alur COPE dalam menyelesaikan konflik pengaruh.
  10. Para editor dan staf harus memastikan kerahasiaan semua naskah yang dikirimkan.

Untuk Mitra Bestari

  1. Bestari diminta untuk memberikan kemungkinan komentar dalam naskah penelitian jika diduga menemukan kesalahan pada Tata Cara Penulisan, Etika Publikasi dan publikasi
  2. Mitra Bestari diharapkan dapat menyelesaikan pekerjaan pada waktu yang ditentukan dan memberikan informasi kepada Redaksi apabila tidak dapat memenuhi jangka waktu yang ditentukan.
  3. Mitra Bestari harus yakin dengan naskah penulis.
  4. Mitra Bestari tidak boleh menerima naskah apa pun untuk penilaian jika berpotensi menimbulkan konflik kepentingan atau hubungan kompetitif, kolaboratif, atau lainnya dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun.
  5. Mitra Bestari harus meminta pertimbangan/perhatian Redaksi atas kesamaan substansi atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dengan makalah publikasi lain yang memiliki kesamaan penulis lain.
  6. Informasi atau ide tertentu yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi.

Untuk Penulis

  1. Penulis harus dapat memastikan bahwa naskah/naskah tersebut belum pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak pernah mengalihkan hak atas artikel tersebut kepada pihak lain.
  2. Penulis memastikan keaslian naskah karyanya dan mengikuti aturan pengutipan yang sesuai dengan format referensi yang sesuai.
  3. Penulis tidak boleh terlibat dalam plagiarisme atau Oto-plagiarisme.
  4. Penulis harus mengikuti aturan penulisan Jurnal Kesehatan dan Kedokteran yaitu penulis tidak mengirimkan naskah/naskah secara bersamaan dengan topik dan judul yang sama ke jurnal lain.
  5. Penulis harus dapat memberikan informasi dan membuat rincian data penelitian terkait jika editor menemukan adanya dugaan pemalsuan atau plagiarisme dalam naskah.
  6. Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang mempengaruhi naskah/naskah yang telah dikirimkan, maka penulis harus segera memberi tahu Editor atau Manajer Jurnal untuk menarik teks tersebut dan segera memperbaiki naskah/naskah tersebut.
  7. Penulis tidak diperbolehkan menggambar artikel yang sedang direview oleh Reviewer sebelum dikembalikan oleh Reviewer ke redaksi.