Evaluasi Implementasi Sistem Billing RS Dalam Pencatatan Pembayaran Pasien Rawat JalanDan Pasien Rawat Inap Dengan Metode Pieces di RSI Siti Rahmah Padang Tahun 2019

Annisa Mustika Putri1, Rika Amran, Raihana Rustam

Abstract


Latar Belakang: RSI Siti Rahmah sudah menerapkan sistem billing sejak awal diresmikan pada tahun 2004. Namun didalam penerapannya masih terdapat kendala-kendala.Layanan rumah sakit dalam jangka panjang harus diperhatikan karena semua pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit kepada pasien akan mencerminkan seberapa besar kualitas rumah sakit itu sendiri, sehingga evaluasi sistem billing pada rumah sakit melalui penelitian ini sangat penting dilakukan.

Tujuan:Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui gambaran evaluasi penerapan sistem billing dalam pencatatan data tagihan pembayaran pasien rawat jalan dan rawat inap dan hambatan-hambatan yang mungkin timbul dalam penerapan sistem billing di Rumah Sakit Islam Siti rahmah.

Metode:Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana penerapan sistem billing di RSI Siti Rahmah Padang yang digambarkan dengan analisis performace, information, economi, control, efficiency, dan service (PIECES).

Hasil: Dari aspek performance, pengguna merasakan sudah sangat membantu hanya saja terkadang jaringan menjadi kendala dalam penggunaan sistem billing, serta error yang sering terjadi pada komputer. Dari aspek information sudah cukup bagus, hambatan yang dirasakan oleh pengguna adalah ketidaksesuaian penginputan informasi. Dari aspek economic, penerapan sistem billing membutuhkan biaya awal yang cukup besar yaitu sekitar 1,6M namun terdapat banyak manfaat yang diperoleh kedepannya. Dari aspek control sudah sangat baik karena terdapat pengawasan dan setiap user memiliki passwordnya masing-masing sehingga dapat meminimalisir manipulasi data. Aspek efficiency sudah dapat mengoptimalkan penginputan data pembayaran, namun pada bagian keuangan dan akuntansi sebagian masih dikerjakan manual, serta masih terjadi kesalahan dalam penginputan data. Aspek service pengguna merasakan kemudahan penggunaan namun perlu dilakukan pengembangan sistem billing, dan pelatihan-pelatihan pengguna sistem billing.

Kesimpulan: Implementasi sistem billing di RSI Siti Rahmah sudah dijalankan dengan optimal namun masih perlu dilakukan pengembangan sistem karena pada bagian keuangan dan akuntansi masih ada pekerjaan yang dilakukan secara manual. Selain itu juga perlu dilakukan perbaikan terhadap jaringan yang lelet, komputer yang error, ataupun keterbatasan sumber daya manusianya.


Keywords


Sistem Billing, Implementasi, Evaluasi, Pembayaran

Full Text:

PDF

References


adiyati, I., Sekarwana, N., Sunjaya, D. K., & Setiawati, E. P. Konsep Kualitas Pelayanan Kesehatan berdasar atas Ekspektasi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Majalah Kedokteran Bandung. 2017; 49(2), 102–109.. Available from: https:/ [cited on 2019 April 23]/doi.org/10.15395/mkb.v49n2.1054

Indrayani, T., Welia. Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di rumah sakit islam (rsi) siti rahmah. 2018. IV(2), 96–103.

Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. 2009. [cited on 2019 April 23]. Available from: www.depkes.go.id.

Yucel, G., Cebi, S., Hoege, B., & Ozok, A. F. A fuzzy risk assessment model for hospital information system implementation. Expert Systems with Applications. 2012;39(1), 1211–1218. doi:10.1016/ j.eswa.2011.07.129.

Leba MB. Analisis Pemanfaatan Billing Sistem di RSUD DR.T.C.Hillers Maumere. [Thesis]. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada; 2014

Kementerian-Kesehatan. Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia;2008 [cited on 2019 November 20] Available from: https://www.persi.or.id 27


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Baiturrahmah Medical Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License   Baiturrahmah Medical Journal This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.