PENGARUH UNDERSTANDING CUSTOMER DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL PADA DESAIN TATA RUANG RSGM BAITURRAHMAH PADANG

Mulya Fitria Amnesty, Satria Yandi, Firdaus Firdaus

Abstract


Seorang pegawai pada saat bekerja memerlukan tingkat kepuasan yang tinggi dalam bekerja, kepuasan kerja pada dasarnya adalah sesuatu yang bersifat individual. Salah satunya adalah kepuasan pelanggan internal yang bisa dilihat dari desain tata letak (lay out design),desain tata ruang adalah proses alokasi ruangan, penataan ruangan dan peralatan sedemikian rupa sehingga pergerakan berlangsung seminimal mungkin, seluruh luasan ruangan termanfaatkan dan mencipatkan rasa nyaman. Desain tata ruang yang mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan, salah satunya adalah komunikasi internal dan understanding customer. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik. Analisa statistik menggunakan uji regresi linier berganda dengan nilai F hitung > F (7,709>3,259) tabel dapat disimpulkan bahwa variabel komunikasi dan understanding customer secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan internal pada desain tata letak ruang RSGM. Namun secara parsial tidak ada pengaruh signifikan antara komunikasi (P=0,492) dan understanding customer (P=508) pada kepuasan pelanggan internal dalam desain tata letak ruang RSGM.

Keywords


komunikasi; understanding customer; kepuasan pelanggan desain tata letak ruang RSGM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33854/JBDjbd.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah



Creative Commons License
B-Dent: Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah distributed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.