PEMAHAMAN PROSES PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PSIKOSOSIAL ANAK SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI MENCAPAI KESUKSESAN PERAWATAN ORTODONTI

Samson Peter Louis Alfredo

Abstract


Kunjungan ke dokter gigi dirasakan sebagai hal yang kurang menyenangkan bagi anak. Anak kecil menghindari kunjungan ke dokter gigi karena takut terhadap rasa nyeri yang bisa timbul pada saat perawatan di klinik dokter gigi. Pada saat anak mengalami pertumbuhan fisik, mereka juga mengalami pola pembentukan kepribadian yang dipengaruhi bawaan lahir dan lingkungan. Kecemasan pada masa kanak-kanak timbul secara sadar pada saat terjadi konflik antara insting rasa puas dan kenyataan. Lama kelamaan menjadi kecemasan yang tidak disadari. Kecemasan pada perawatan ortodonti sama besarnya dengan rasa cemas pada perawatan gigi yang lainnya. Anak pada usia yang sama memiliki variasi pertumbuhan fisik, perkembangan kognitif, dan perkembangan psikososial. Kondisi berbeda tersebut memerlukan pendekatan berbeda pula pada setiap individu. Dokter gigi perlu meningkatkan kesadaran diri atas pentingnya rasa cemas terhadap perawatan ortodonti yang timbul dalam diri pasien. Dokter gigi harus mampu mengevaluasi penyebab rasa cemas dan faktor-faktor klinis yang menyebabkan rasa cemas. Dokter gigi perlu memahami beberapa teknik pendekatan terhadap anak. Pola pendekatan yang baik dalam memulai perawatan ortodonti dapat mempengaruhi rencana perawatan ortodonti selanjutnya dan kesuksesan perawatan ortodonti itu sendiri.


Keywords


Anak; Kecemasan; Perawatan Ortodonti

Full Text:

PDF

References


Sjogren A, Arnrup K, Jensen C, Knutsson I, Huggare J. Pain and fear in connection to orthodontic extractions of deciduous canines. Int J Paeditr Dent 2010;20(3):193-200.

Santrock JW. Life-span development. 13 ed. New York: The McGraw-Hill, 2011.

Papalia DE, Olds WS, Feldman RD. Human development. New York: The McGraw-Hill Companies, 2004.

Santrock JW. Life-span development. 10 ed. New York: The McGraw-Hill Companies, 2005.

Atkinson RL, Atkinson RC, Smith EE, Bem DJ. Introduction to psychology: Harcourt Brace & Company, 1993.

Sroufe LA. Emotional development. England: Cambridge University Press, 1997.

Campos J, Bertenthal B, Benson N. Self-produced locomotion and the extraction of form invariance: New Heaven, 1980.

Thomas A, Chess S. Encyclopedia of adolescence. New York: Garland, 1991.

Harter S. Handbook of psychology: Vol 3. Social, emotional, and personality development. 5 ed. New York: Wiley, 1998.

Schultz D. Theories of personality. Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company, 1976:15-45.

Thompson CL, Henderson DA. Counseling children. 7 ed. Belmont: Thomson Brooks/Cole, 2007:74-84.

Paul HA. Is my child ok? New York: Dell Publishing, 2000:42-51.

Smyth JS. A programme for the treatment of severe dental fear. Report of three cases. Aus Dent Journal 1999;44(4):275-8.

Ay ZY, Gündogar D, Büyüköztürk S, Gadbury-Amyot C. Reliability and validity of the Turkish version. J Dent Edu 2008;72(2):183-94.

Ollendick TH, King NJ. Fears and phobias of childhood in Martin Herbert Clinical Child Psychology. Chicester Wiley, 1991.

Liddell A. Personality characteristics versus medical and dental experiences of dentally anxious children. J Behav Med 1990;13:183-94.

Rinchuse DJ. The use of educational psychological principles in orthodonthic practice Am J Orthod Dentofacial Orthop 2001;119:660-3.

Aartman IHA, Jongh Ad, Makkes PC, Hoogstraten J. Treatment modalities in a dental fear clinic and the relation with general psychopathology and oral health variables. British Dental Journal 1999;186:467-71.




DOI: https://doi.org/10.33854/JBDjbd.31

DOI (PDF): https://doi.org/10.33854/jbd.v3i1.31.g20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah