TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK DENGAN METODE CORAH’S DENTAL ANXIETY SCALE (CDAS) DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT BAITURRAHMAH PADANG

Marwansyah Marwansyah, Intan Batura Endo Mahata, Dewi Elianora

Abstract


Kecemasan dental merupakan suatu kecenderungan merasakan cemas terhadap perawatan gigi dan mulut. Pada pasien anak kecemasan  menjadi hal yang wajar dikarenakan dengan situasi yang dihadapinya merupakan suatu hal yang baru. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan pada anak terhadap perawatan gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang. Jenis penelitian adalah adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dari penelitian adalah  pasien anak yang berkunjung ke bagian paedodonti RSGM Universitas Baiturrahmah Padang pada tanggal 12-16 Januari 2018 dengan 80 sampel penelitian dengan metode simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dengan metode pengukuran Corah dental anxiety scale, analisa data ditampilkan dengan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 80 responden diperoleh hasil anak mengalami kecemasan pada tingkat cemas sedang 65 (81,25%), tingkat kecemasan tinggi sebanyak 13 orang (16,25%) dan paling sedikit mengalami kecemasan phobia sebanyak 2 orang (2,5%).


Keywords


Tingkat Kecemasan; Perawatan Gigi Anak

Full Text:

PDF

References


Pusparatri, E. 2016. Kecemasan Mahasiswa Sarjana Keperawatan Menghadapi Ujian OSCA Komprehensif di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Publikasi Ilmiah: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Koch G, Poulsen S. 2003. Behaviour management problems in children and adolescent. Klingberg G, Raadal M,eds. Pediatric dentistry. A clinical approach. 1st ed. Oxford. Blackwell Munksgaard.p. 53-68.

Elvira SD, Hadisukanto G, editor. 2013. Buku Ajar Psikiatri. Jakarta: Badan Penerbit FKUI. hal. 250, 514.

Hmud R, Walsh LJ. 2009. Dental Anxiety: Causes, Complications And Management Approaches. School Of Dentistry The University Of Queensland Brisbane, Australia. International Dentistry Sa Vol. 9, No.5.

Fransiskus. 2008. Perbedaan Tingkat Kecemasan Dental Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin Terhadap Lingkungan Perawatan Dental Pada Anak Usia 7 dan 10 Tahun. [pdf] Available : http://www.lontar.ui.ac.id/opac/themes/libri2/digitalfiles.jps?id=125378&lokasi=lokal [20 September 2011].

Pontoh B. I, Damajanti H.C.P, Ni W.M. 2015. Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Perubahan Denyut Nadi Pada Pasien Ekstraksi Gigi Di Puskesmas Tuminting Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal e-GiGi (eG),Volume 3, Nomor 1, Januari - Juni 2015

Soeparmin S, Suarjaya I Kt, Tyas Mp. 2016. Peranan musik dalam mengurangi kecemasan anak selama perawatan gigi. J Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati:1-2

Rizki S S. 2016. Pengaruh Penanganan Kecemasan Anak Dengan Teknik Modelling Terhadap Perubahan Denyut Nadi Pada Perawatan Gigi Dan Mulut. Universitas Hassanudin. Makasar. Skripsi

Susi, Didin K, Yona L. 2013. Hubungan Kebiasaan Anak Menjaga Kesehatan Dan Kebersihan Gigi Dengan Karies Molar Pertama Permanen Pada Murid Sekolah Dasar Di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas. Andalas Dental Journal page 51.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.33854/JBDjbd.134

DOI (PDF): https://doi.org/10.33854/jbd.v5i1.134.g81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.