Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Nipah Padang
Abstract
Keputusan konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantara nya yaitu brand image, harga dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh brand image, harga dan promosi terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pt. Jalur nugraha ekakurir (JNE) Nipah Padang. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancana, kuesioner dan dokumentasi dengan cara mengumpulkan data primer dan sekunder dari berbagai sumber.
Berdasarkan hasil pengolahan data uji T variabel Brand Image thitung > ttabel atau 3,043 >1,661 dan nilai sig 0,003<0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Variabel persepsi harga thitung > ttabel atau 2,942 >1,661 dan nilai sig 0,004<0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Variabel Promosi thitung > ttabel atau 2,159 > 1,661 dan nilai sig 0,033<0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak.
Hasil uji F dengan F hitung 8.166 dan nilai F tabel 2.699 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0.05). Hal ini berarti secara bersama-sama variabel Brand Image, Persepsi Harga dan Promosi berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Nipah Padang.
Koefisien determinasi diperoleh nilau R-Square sebesar 0,203 artinya persentase pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Konsumen PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Nipah Padang sebesar 20,3% sedangkan sisanya 79,7% dipengaruhi oleh Variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung, Pustaka Setia.
Agisnawati, Agis (2021) Pengaruh Diskon, Promosi, dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pada Online Shop (Studi Kasus Konsumen Online shop Shopee Di Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara).Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Amitha, Fara (2021) Pengaruh citra merek, persepsi harga dan ulasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee (study kasus warga pondok ungu permai blok nn). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Amrullah, Yulihardi.(2020). Pengaruh Iklan dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Axis Pada Mahasiswa Fkip Universitas Bung Hatta Padang.Jurnal Ekonomi dan Bisnis(Riau Economics dan Business Reviewe). Vol 11,No.2.
Arikunto.(2018).Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bairizki,A.(2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Ud Ratna Cake &Cookies). Jurnal Valid, 14(2), 71-86.
Bisnis, M., Akuntansi, D., Piraga, N. I., Widiasmara, A., & Novitasari, M. (2021). Simba Seminar Inovasi Majemen Bisnis Dan Akuntansi 3.
Damayanti dan Indriani (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Terhadap Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jasa (Studi pada pengguna layanan pengiriman barang J&T Express). Diponegoro Journal Of Management Volume 10, Nomor 3. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/dbr.
Darwin dan Yayuk Yuliana.(2021). Pengaruh Brand Image, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pengiriman J&T Express Di Drop Point Krakatau Medan.Jurnal Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1. Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Daya,J.S. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk “The Sandals” dari PT. Razer Brothers. Jurnal Administrasi Dan Manajemen.
Fatihudin, Didin dan Firmansyah,M.A. (2019). Pemasaran Jasa. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Firmansyah,M.A,. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran), (Yogyakarta : Deepublish, 2018).
Firmansyah,M.A.(2019).Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy), Surabaya : CV. Penerbit Qiara Media
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Halim, F., Zukhruf Kurniullah, A., Butarbutar Efendi, M., Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Hengki Mangiring Parulian Simarmata, S., Adi Permadi, L., & Novela, V. (2021). FullBookManajemenPemasaranJasa. In Manajemen Pemasaran Jasa.
Handrianti, I. 2018. Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Alat Musik (Studi pada Konsumen Toko Ecayo Yamaha Musik Di Bandar Lampung) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung. p. 1-88.
Ika Utami Yulihapsari,Dkk (2023) Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Citra Merek : Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Attractive : Innovative Education Journal Vol. 5, No. 1. Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Indonesia
Kotler, Amstrong.2016.Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jilid 2 Edisi 13. Erlangga, Jakarta.
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.
Keller, Kevin Lane. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Prentice Hall, New Jersey.
Kotler, P. Amstrong, G. (2008), Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Kedua Belas (Jilid 1) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. Dan Armstrong, N. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2019. Prinsip – Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2019. Prinsip – Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). A framework for marketing management, sixth edition, global edition. New York City: Pearson.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016), Marketing Management, Edisi : 15e, United States of America: Pearson Education.
Krisna, Aditya, dkk.2021.Riset Populer Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Khalifah.
Luluk, Nadiroh (2018) Analisis Strategi Harga dan Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Dymas Kulit Magetan). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Luthfi,Faradisi and Reni, Yuliviona and Ice, Kamela (2021) Pengaruh Kepuasan Sebagai Pemediasi Hubungan Antara Citra Perusahaan dan Harga Terhadap Loyalitas (Study Kasus Pada Pelanggan JNE di universita. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
M Adhen Bagas Starda, dkk.2022. Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, Brand Ambassador, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa J&T Express Gresik Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri) Volume 2 No 2. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Mahiri,Eli.A.(2020).Pengaruh, Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Jurnal Ilmiah Manajemen
Merek, P. C., Promosi, H. D. A. N., & Mulya, U. T. (2022). Kota Tabanan Pada Masa Pandemi Covid-19. 4(1), 113–122.
Nainggolan, Nana Triapnita, dkk.2020.Perilaku Konsumen Di Era Digital.Jakarta : Yayasan Kita Menulis.
Nia, Agustin dan Rusdy, Safari, Tamba (2022) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Ekspedisi J&T EXPRESS (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Rawabadak Utara, Jakarta Utara). Vol 2, (3), 2022, 515- 530. Jurnal Administrasi Bisnis.
Notoadmojo Soekidjo.2018 Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursaidah, Satriadi, Wanawir, Eka Henrayani, Leonita Siwiyanti. 2021. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudra Biru.
Philip , K., & Kevin , L. K. (2016). Marketing Managemen. 15 Th Edition: Pearson Education,Inc.
Pradana, Fandy Rahfsan (2018) Pengaruh Promosi, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xenia Pada Asco Daihatsu Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945.
Prilano, K. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada . Journal of Business and Economics Research (JBE) Vol 1, No 1, 1-10 .
Rifa’i,Bayu.dkk(2020) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Di GallerySmartfrenDenpasar.https://ejournal.unmas.ac.id/index.php/emas/issue/view/96
Setiawan,Elfa (2018) Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kurir Jne, Agen Jasafa Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Transparansi. E-ISSN 2622-0253. Vol. 1, No. 2
Simanihuruk, P., Munthe, K., & Manihuruk, Y. L. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Dalam Kondisi Pandemi Covit 19 Di Kecamatan Medan Tuntungan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 22(September), 240–265. https://doi.org/10.54367/jmb.v22i2.2135
Sirega, A. H. (2020). Pengaruh Harga, Brand Image Dan Personal Branding Terhadap Keputusan Membeli Secara Online Di Toko Medan Top Galeri. Jurnal Ilmiah Smart, Volume IV No.2, 98 - 106. Retrieved from http://stmb-multismart.ac.id/ejournal
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryajaya,Ivan dan Sienatra (2020) Kualitas Produk dan Persepsi Harga Ditinjau Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wear It. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 5, Nomor 3
Susanti, F. (2021). Customer Satisfication Pada Pembelian Smartphone Samsung Dilihat Dari Trust In Brand, Brand Image Dan Word Of Mouth Di Sarana Smartphone Kota Solok. Jurnal Pundi, Vol. 05, No. 01, 1-20. Retrieved from https://ojs.akbpstie.ac.id/index.php/jurnal-pundi/article/view/307/134
Syamsuri, A. R. (2021). Keputusan Pembelian Masker Merek Sensi (Non Medis) Berdasarkan Kualitas Dan Citra Merek Dimasa Covid-19. Jurnal Bisnis Mahasiswa , 53-66.
Taan, H. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja. Yogyakarta: Zahir Publish
Tanady, E. S. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Manajemen Pemasaran, Volume 9 Nomor 2 , 113-123.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Publisher.
Tiptono, T . D. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Tondang Berty Windy.2019. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sepatu Bata Mtc .Giant Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fisip. Vol 6 No 2 Hh 1-13.
Turmono dan Ahmad Fairus. (2019). Pengaruh Promosi, Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiki Tegal Parang A258p Jakarta. Jurnal Manajemen. Program Studi Manajemen STIE Dharma Bumiputera.
Uktafiani, Kiki (2020) Pengaruh Iklan, Saluran Distribusi, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ulya Hijab (Studi Kasus Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Wibowo, Y.I. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Produk Indihome Di Pt. Telkom Indonesia (Persero) Regional Iii Jawa Barat. Jurnal Manajemen Bisnis. Volume 3, Nomor 1
Wicaksono, S. Y. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanaan Terhadap Keputusan Pembelian Tiki Di Surabaya. … Ilmu Dan Riset Manajemen(JIRM),1–18. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3100
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2022). SERVICES (9th ed.). World Scientific Publishing Co. Inc. 27 Warren Street, Suite 401-402, Hackensack, NJ 07601, USA Head office:5 Toh Tuck Link, Singapore 596224 UK office:57 Shelton Street,Covent Garden, London WC2H 9HE.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.