Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Penerbangan Lion Air Padang

Harry Wahyudi, Chandra Syahputra, Deby Adelina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa penerbangan Lion Air Padang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data kuantitatif yang berupa kuesioner dari pelanggan Lion Air (Padang-Jakarta). Sampel yang digunakan dalam penelitiian ini adalah pelanggan Lion Air dengan rute (Padang-Jakarta) sebanyak 106 responden.

              Hasil uji-t menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung untuk harga4,465 dengan (sig 0,000<0,05), Kualitas Pelayanan dengan nilai t hitung 2,953 dengan (sig 0,004<0,05) dengan df=106-3=103 maka diperoleh t tabel 1,659.

              Hasil uji F menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa penerbangan Lion Air Padang dengan hasil uji F diketahui bahwa nilai F hitung > dari F tabel atau 20,683 > 3,08, dengan nilai signifikan 0,000 (p<0,05).

              Dari hasil analisis koefisien determinan diperoleh nilai R-Square sebesar 0,287 hal ini berarti 28,7% variabel harga dan kualitas pelayanan dapat dijelaskan oleh harga dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya yaitu 71,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Almuthahar, M. R., Tinggi, S., & Kedirgantaraan, T. (n.d.). kepuasanpelangganmaskapailion air indonesia.4(2), 302–306.

Aria Mulyapradana dan Atik Indah Lazulfa, 2018, Tata Kelola Administrasi Untuk Meningkatkan Kkualitas Pelayanan Administrasi di PT. BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Insitusi Politenik Ganesha Medan. 1(2) : 1-17.

Bima, M. S. (2022). Kepuasanpenumpang wings airdi bandar udara sultan Sumber : Kementrian Perhubungan Republik indonesia Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Lion Air di Banda Udara Abdulrachman. 4(2), 341–350.

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Estamarinda, E., Akila, & Sinarti, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hompizz Pizza Palembang. Jurnal Manivestsi, 3(1), 69–82.

Fandy Tjiptono, Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta 2017

Febri, E., Sudarwanto, T., & Prio Santoso, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bakso Mama 1 Jombang. Jurnal GeoEkonomi, 10(2), 164–180. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.100

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Harman Malau. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Haryoko, U. B., Delimah Pasaribu, V. L., & Ardiyansyah, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Point, 2(1). https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566

Ibrahim, M. (2019). Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Insani, N. A., & Madiawati, P. N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen,Ekonomi,dan Akuntansi) Vol.4 No.3, 2020.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Depok: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P. and Kevin Lane Keller. 2018. Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Terjemahan: Firmansyah, M. A. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Kotler, P., dan Keller, K., (2018), Manajemen Pemasaran (Edisi 12 Jilid 2), PT Indeks

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan

Lewis, dan Booms. Dalam Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra, Kualitas

Nuraeni. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 94–100.

Pelanggan, Banyumedia Publishing 2017

Sintya, L. I., Karuntu, M. M., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1778–1787.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy., & Gregorius Chandra. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta:

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.

Tjiptono. Fandy & Diana. Anastasia. 2019. Kepuasaan Pelanggan-Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta : ANDI. ISBN 978 – 623 – 01 – 0194 – 6.

Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.266


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.