Pengaruh Brand Trust dan Brand Love terhadap Brand Loyalty Konsumen Hand and Body Lotion Marina Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Baiturrahmah

Howardi Visza Adha, Harry Wahyudi, Olva Riyani

Abstract


Dalam era globalisasai ini pertumbuhan berbagai jenis merek kosmetik mengalami perkembangan. Jumlah merek yang bersaing semakin meningkat sehingga terjadi kesulitan dalam mempertahankan brand loyalty konsumen terhadap suatu produk. Brand loyalty adalah komitmen konsumen untuk melakukan pembelian ulang suatu merek tertentu secara konsisten pada masa yang akan datang tanpa terpengaruh usaha pemasaran dari merek lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand trust dan brand love terhadap brand loyalty konsumen hand and body lotion marina mahasiswa fakultas ekonomi universitas baiturrrahmah.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi universitas baiturrahmah yang menggunakan hand and body lotion marina. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data penelitian melalui kusioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu regresi linear berganda.

Berdasarkan analisis statistik secara parsial variabel brand trust diperoleh t hitung 4,781 > t tabel 1,660 dengan nilai sig (0,000 < 0,050) artinyaH1 diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty konsumen hand and body lotion marina mahasiswa universitas baiturahmah. Variabel brand love diperoleh t hitung 2,607 > t tabel 1,660 dengan nilai sig (0,011 < 0,050) artinya H2 diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa brand love berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty konsumen hand and body lotion marina mahasiswa fakulas ekonomi  universitas baiturahmah.

Hasil uji F diketahui bahwa nilai f hitung 16,345 > f tabel 3,09 dengan nilai sig (0,000

< 0,050) artinya H3 diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa brand trust dan brand love berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty konsumen hand and body lotion marina mahasiswa fakultas ekonomi universitas baiturahmah.


Full Text:

PDF

References


Arnould. (2019). Brand Loyalty Pengertian Dan Dimensi. Jurnal Bianis Dan Pemasaran, 68-70.

Bernarto, B. (2020). The Influence of Brand Awarenes, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 412-426.

C.Agatha, W. (2020, Maret). Pengaruh Brand Image dan Brand Love Terhadap Brand Loyalty( Studi Pada Pemilik Membership Card ORYZA GYM Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9, 50-59.

Copley. (2014). Marketing Communication Management. Galway: Ann Torres National University or Ireland.

Dini , N. (2018). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty Vaseline Hand and Body Lotion pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. jurnal ecogen.

Firmansyah. (2019). Pemasaran produk dan merek; Planing and Strategy. Surabaya: Qiara Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.

Giddens. (2017). Brand Loyalty Pengertian Dan Dimensi. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10-30.

Hidayah. (2020). Faktor-faktor pembentuk loyalitas merek trend fashion muslim melalui cinta merek sebagai variabel intervening.

HJ. Song, J. H. (2019). Effect of Image, Satisfaction, Brand Trust, Brand Love, and Respect on Loyalty Formation For Name- Brand Coffee Shops. International Journal of Hospitality Management.

Huang, C. (2017). The Impacts Of Brand Experiences On Brand Loyalty : Mediators Of Brand Love And Trust. Management Decision, 915-934.

Jastine, V. (2021). Pengaruh Brand Trust, Brand Image, Reputation Terhadap Brand Loyalty Kopi Lokal di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5, 459-463.

Kim,S.H, &. L. (2018). Strategic Brand Management: Building, Mesarng, and Managing Brand Loyalty. New Jersey: Prentice Hall.

Nyoman, J. (2022). Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Trust dalam Pembentukan Brand Loyalty Produk Scarlet Whitening. Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism, 50-60.

Pane, D. &. (2020). Pengaruh kualitas produk, brand trust, kepercyaan konsumen, terhadap brand loyalty di situs E-commerce Bukalapak. Jurnal Ilmiah.

PP, P. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, dan Brand Trust terhadap Loyalitas Merek Marina Hand and Body Lotion pada Masyarakat di Kota Kediri. Jounal Economia.

Pramezwary. (2021). Brand Trust Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 24-33.

Rahayu Mardikaningsih. (2022). Pengaruh Kepribadian Merek, Pengalaman Merek, dan Cinta Merek The Body Shop terhadap Loyalitas Merek. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 93-99.

Ristanti. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Brand Awarenes Dan Product Quality Terhadap Brand Loyalty Sari Roti. Jurnal Of Strategic Management, 37-54.

Ryan, R.M, &. D. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self- determation theory perspective: Definitions, theory, practies, and future directions. Contemporary educational.

Siahan, J. (2021). Pengaruh Brand Personality, Brand Experience, Self- Brand Connection, Brand Love, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty kosmetik Wardah. Journal of Management and Business Review, 20, 34-54.

Song, H. J. (2019). Emotional Comprehension of A-Name Brand Coffee Shop: Focus on Lovemarks Theory. Internasional Journal of Contemporary Hospitality Management, 1046-1065.

Song, H. W. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty. Internasional Journal Of Hospitality Management, 50-59.

Sugiyono. (2016). Statiska Untuk Penelitian . Bandung: CV. Alvabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan RDB. Bandung: CV. Alvabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke). . Bandung: CV Alfabeta.

Sumarwan. (2018). Indikator Loyalitas Merek. Journal Of Chemical Information and Modeling, 53.

Unal, &. A. (2013). An Investigation on the Evaluation of the Factors Affecting Brand Love. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 76-85.

Vernanda, F. (2022). Pengaruh Brand Satisfaction, Brand Trust, Brand Love Terhadap Brand Loyalty (Pada Konsumen Air Mineral Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kota Padang). Kumpulan Executive Summary Mahasiswa Prodi Manajemen, 21.

Wadi, F. M. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs. Jurnal Managemen Dan Sains, 172- 181.

Winarto, W. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Love Terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Gucci Di Surabaya. Journal Of Economics And Business Innovation, 102-110.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.