Abstract
Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting bagi keberadaan, kelangsungan, dan perkembangan perusahaan. Saat ini banyak perusahaan yang semakin memahami arti penting dari kepuasan konsumen dan menjalankan strategi guna memberikan kepuasan bagi konsumennya. Analisis Pengaruh Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Minang Fantasi Waterpark & Resort Padang Panjang. Penelitian ini didesain untuk meneliti tentang Analisis Pengaruh Harga dan Faslitas terhadap Kepuasan pelanggan Minang Fantasi Waterpark & Resort Padang Panjang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan pengujian hipotesis yang diusulkan. Pengujian hipotesis dengan menggunakan model regresi linear berganda. populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunnjung Minang Fantasi waterpark & resort padang panjang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden, dimana teknik pengambilan sampel secara Accidental Sampling. Hasil penelitian ditemukan Koefisien regresi variabel harga dengan nilai t hitung 2,082 dan nilai (sig = 0,04 < 0,05), maka variabel harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Minang Fantasi Waterpark & Resort Padang Panjang. Koefisien regresi variabel fasilitas dengan nilai t hitung 6.513 dan nilai (sig = 0,00 < 0,05), maka variabel pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Minang Fantasi Waterpark & Resort Padang Panjang. Nilai F hitung 38.812 nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti variabel harga dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Minang Fantasi Waterpark & Resort Padang Panjang Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa pihak Minang Fantasi Waterpark & Resort Padang Panjang sebaiknya memperhatikan fasilitas dan harga agar tercapai kepuasan pelanggan yang maksimal.
References
Kotler, Philip. (2013). Manajemen pemasaran. Jakarta: Prehallindo.
Kotler, Philip. (2014). Manajemen pemasaran. Jakarta: Prehallindo.
Nirwana. 2014. Dasar -Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta
Riduwan. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS. Cetakan Keempat Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang
Rosita, Sri Marhanah, Woro Hanoum Wahadi (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Marga Satwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure Vol.13, No.1, :63-66
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Tjiptono, F. 2013. Service. Quality. Satisfaction. Andi Offset. Yokyakarta
UUD. 2009. Undang-Undang Indonesia: Pariwisata. Paten Daya Tarik Wisata: UUD No 10 Tahun 2009. Indonesia
Wahab, S. (2016). Tourism, Development and Growth: The Challenge of Sustainability. London, New York: Routledge, 1997