PENGARUH DISTRIBUSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA N-MAX DI KECAMATAN GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT

Mai Yustika, Harry Wahyudi, Amrullah Amrullah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh distribusi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Yamaha N-MAX di Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat. Teknik pengumpulan data penelitian melalui kuisioner dengan skala likert dan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria masyarakat Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat dan masyarakat pengguna sepeda motor Yamaha N-MAX. Penarikan sampel menggunakan rumus accidental sampling didapatkan 96 responden, teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda yang terdiri dari uji  parsial (t), uji simultan (f), dan koefisien determinan (R-Square). Berdasarkan hasil perhitungan aplikasi SPSS dari uji t diperoleh variabel distribusi t> t atau 2,004 > 1,661 artinya Ha diterima H0 ditolak, dengan nilai signifikansi (sig = 0,048 < 0,05), life style t> t atau 10,002 > 1,661 dan nilai (sig=0,000<0,05) artinya Ha diterima H0 ditolak. Dapat disimpulkan distribusi dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F diketahui bahwa nilai F hitung 62,178 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), hal ini berarti secara bersama-sama variabel distribusi dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,572 atau 57,2% artinya persentase sumbang pengaruh distribusi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 42,8%.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Januari 2013. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.Bandung.

Engel, J.F., Blackell, R.D., & Miniard, P.W. 2017. Perilaku Konsumen. Jakarta. Bina Rupa Aksara. Hal. 3.

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah (20 13) Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasali, Rhenald. 2015. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Cetakan kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Amstrong. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi ketiga belas. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, Keller. 2019. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Prenhalindo

Kotler, Philip. 2017. Marketing for Competitiveness. Mizan Media Utama: Bandung

Kotler, Philip dan Lane Keller. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabrab Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga

Machfoedz, Mahmud. 2013. Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara. Jakarta.Setiadi, SE., MM. (2013)

Nugroho J. Setiadi, SE., MM. (2013). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Setiadi. (2016), Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Kencana.

Setiyaningrum, Ari. 2015. Prinsip-prinsip pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Soepono, et al. 2015. Analisis Kualitas Produk, Brand Image, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita di Mississippy Manado Town Squere. Jurnal EMBA. Vol. 3 No. 1. Hal 1096-1105.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen). Yogyakarta: CAPS (Center of Academik Publishing Service).

Sunyoto, Danang. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, Fandi. 2018. Strategi Pemasaran. Edisi Tiga. Yogyakarta: Andi.

Widiyanto, M.A. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.