PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018).

Dwi Tiara Nastiti, Yefri Reswita, David Malik

Abstract


Kinerja keuangan merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat keberhasilan perusahaan berdasarkan aktivitas keuangan yang telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Variabel yang diteliti adalah mekanisme Good Corporate Governance yang terdiri dari proporsi dewan komisaris independen, komite audit dan kepemilikan manajerial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling sehingga di peroleh 9 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi dewan komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), sedangkan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja keuangan (ROA). Koefesien determinan pada penelitian ini adalah 0,235. Dapat disimpulkan bahwa besar kontribusi variabel proporsi dewan komisaris independen, komite audit dan kepemilikan manajerial terhadap kinerja keuangan adalah 23,5% dan sisanya 76,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Bougie, & Sekaran. (2013). Edisi 5, Research Methods for Business: A skill Building Approach. New York: John wiley@Sons.

Faisal, A., Samben, R., dan Pattisahusiwa, S. (2017). Analisis kinerja keuangan. Available online: http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA Volume 14 (1) 2017, 6-15.

Ferial, F., Suhadak., dan Handayani, S. R., 2016, Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan dan Efeknya Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia), Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 33.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hidayat, Firli. 2015. ‘Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dan Earning Response Coefficient (ERC) (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2013)’ Skripsi. Malang: Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya.

Kadek, Dian Noviani, dkk, 2015, Pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap kinerja keuangan Bank Perkreditan Rakyat di Bali, Journal, Volume 3 No. 1

Manahan P. Tampubolon.2013. Manajemen Keuangan. Penerbit: Mitra Wacana Media.

Rachma. (2016). pengaruh mekanisme good corporate governance (GCG) dan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2014. Malang: Universitas Brawijaya.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Sarafina, S & Saifi, M. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012- 2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 50(3), 108-117.

Sekaran, Uma., dan Roger Bougie, 2013. Research Methods for Bussiness Edisi 4. Buku 2, Jakarta: Wiley.

Shahibah Khansa. 2017. ‘Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi pada Perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015)’. Skripsi. Malang: Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya

Sonya Majid. P. 2016. Pengaruh Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Deviden, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI 2011-2014). Jurnal Ilmu manajemen. Vol. 21, No. 2. Universitas Negeri Surabaya.

Subramanyam, K.R. (2014). Financial Statement Analysis. Eleventh Edition. Singapore: Mc Graw Hill.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.